IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KARAKTERISTIK EKONOMI DAN NON-EKONOMI TERHADAP KUALITAS RUMAH DERET KEPRABON KELURAHAN KEPRABON KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

DIANPURI, FARIDA RATNA (2017) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KARAKTERISTIK EKONOMI DAN NON-EKONOMI TERHADAP KUALITAS RUMAH DERET KEPRABON KELURAHAN KEPRABON KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)

    Abstract

    Program Rumah Deret Keprabon merupakan salah satu proyek percontohan dalam penanganan permasalahan kawasan kumuh perkotaan di Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik ekonomi dan non ekonomi serta mengetahui hubungan antara karakteristik ekonomi dan sosial serta karakteristik fisik dan prasarana terhadap kualitas Rumah Deret Keprabon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data melalui survey.Instrumen yang digunakan berupa kuesioner untuk setiap Kepala Keluarga di Rumah Deret Keprabon. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dengan analisis crosstab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik ekonomi penghuni secara umum adalah masyarakat yang bekerja di sektor informal, mempunyai penghasilan rendah yang setara dengan pengeluaran, dan berpendapat bahwa tarif rumah deret terjangkau akan tetapi mekanisme tarif listrik sangat tidak terjangkau. Karakteristik sosial penghunidiketahui memiliki jumlah anggota 3 orang dalam satu Kepala Keluarga (KK), berusia antara 46-54 tahun, dan memiliki tingkat pendidikan menengah ke bawah. Karakteristik fisik menunjukkan bahwa kondisi rumah deret sudah cukup baik. Karakteristik prasarana menunjukkan bahwa pencahayaan dan sirkulasi udara serta sistem persampahan sudah sangat baik, sistem pembuangan air dan kondisi jaringan listrik sudah cukup baik, namun kondisi air bersih dan jaringan pemadam kebakaran masih kurang baik. Berdasarkan persepsi penghuni, kualitas Rumah Deret Keprabon secara umum adalah sudah cukup baik. Hasil analisis hubungan diketahui jenis pekerjaan, penghasilan rumah tangga, pengeluaran rumah tangga, dan tarif rumah deret tidak berhubungan dengan kualitas Rumah Deret Keprabon. Karakteristik sosial berupa jumlah anggota keluarga dan tingkat pendidikan berhubungan dengan kualitas Rumah Deret Keprabon. Semua karakteristik fisik berhubungan dengan kualitas Rumah Deret Keprabon kecuali kondisi toilet umum, serta semua karakteristik fisik berhubungan dengan kualitas Rumah Deret Keprabon. Kata Kunci: Rumah deret, Ekonomi, Non-ekonomi, Kualitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 17 Jul 2017 23:05
    Last Modified: 18 Jul 2017 08:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34008

    Actions (login required)

    View Item