STUDI ANALISIS PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN MODEL COMPUTER BASED TEST PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (K.D 3.3 Menganalisis Perkembangan Demokrasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara di Kelas XI SMA Negeri 1 Andong)

ISMAIL, ARI BUDI (2017) STUDI ANALISIS PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN MODEL COMPUTER BASED TEST PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (K.D 3.3 Menganalisis Perkembangan Demokrasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara di Kelas XI SMA Negeri 1 Andong). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (871Kb)

    Abstract

    Ari Budi Ismail. K6412009. Studi Analisis Penggunaan Instrumen Penilaian Model Computer Based Test Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (K.D 3.3 Menganalisis Perkembangan Demokrasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara di Kelas XI SMA Negeri 1 Andong). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2017. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sejauh mana Computer Based Test mampu mengakomodasi prinsip-prinsip penyusunan penilaian; (2) Untuk mengetahui kekurangan dan hambatan yang dialami dalam pelaksanakan Computer Based Test. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan wawancara, observasi serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Persiapan, (2) Pengumpulan Data, (3) Analisis Data, (4) Penyusunan Laporan Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Computer Based Test mampu mengakomodasi 4 prinsip penilaian yaitu Adil, Objektif, Edukatif dan Akuntabel dimulai dari tahapan paling awal yaitu: (a) proses perencanaan penilaian peserta didik yang rasional dan sistematis sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian yang berlaku; (b) proses penyusunan instrumen penilaian ke dalam perangkat lunak Computer Based Test memperhatikan indikator yang telah ditetapkan sesuai dengan pemetaan kata kerja operasional dalam kisi-kisi soal; (c) pelaksanaan Computer Based Test sebagai kegiatan penilaian edukatif dan dilakukan untuk kepentingan dan kemajuan peserta didik dalam belajar; (d) proses penyajian hasil evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test disajikan secara langsung; (2) Kekurangan Computer Based Test yaitu (a) hanya mampu mengukur kognitif; (b) efektif mengakomodasi dimensi pengetahuan faktual dan pengetahuan konseptual namun lemah pada pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognisi. Hambatan yang dialami dalam pelaksanakan evaluasi hasil belajar siswa menggunakan Computer Based Test dibedakan menjadi dua yaitu kendala teknis, kendala yang muncul dari segala hal yang berhubungan dengan alat; dan kendala non-teknis, yaitu kendala yang muncul dari personalia peserta didik berupa kesiapan dan pengalaman peserta didik dalam mengerjakan tes berbasis komputer. Kata Kunci : Evaluasi, Penilaian, Instrumen Tes, Tes Berbasis Komputer.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 17 Jul 2017 22:55
    Last Modified: 17 Jul 2017 22:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34007

    Actions (login required)

    View Item