Tinjauan yuridis terhadap perkara tindak pidana pemerasan yang dilakukan secara bersama-sama (studi kasus di Pengadilan Negeri Sragen)

Kusumastuti , Retno (2010) Tinjauan yuridis terhadap perkara tindak pidana pemerasan yang dilakukan secara bersama-sama (studi kasus di Pengadilan Negeri Sragen). Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (336Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui bagaimana pengaturan mengenai tindak pidana yang dilakukan secara bersama-sama dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai dasar pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Sragen dalam menjatuhkan Putusan terhadap perkara tindak pidana pemerasan yang dilakukan secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Sragen. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi atau pengamatan dan melalui studi kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen seperti berkas perkara, dan sebagainya. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan memperfunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa yang menjadi dasar hukum pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap tindak pidana pemerasan yang dilakukan secara bersama-sama dengan terdakwa (I) Andi Triyono bin Sukiman dan terdakwa (II) Ongen Latul bin Nikolas Latul adalah Pasal 368 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang Pemerasan yang dilakukan secara bersama-sama. Dimana unsurunsur yang ada didalamnya telah terpenuhi. Dengan demikian terdakwa dijatuhi pidana penjara selama 5 (lima) bulan. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sragen telah sesuai dalam menerapkan peraturan perundang-undangan, dalam memeriksa dan memutus perkara tindak pidana pemerasan yang dilakukan secara bersamasama di wilayah hukum Pengadilan Negeri Sragen. Untuk selanjutnya penulis berharap agar dikemudian hari apabila terjadi kembali kasus serupa, hakim yang memutus perkara dapat lebih jeli dan teliti dalam menimbang semua unsur yang terdapat dalam kasus tersebut, sehingga dalam membuat putusan dapat lebih tepat. Penulis juga berharap bahwa adanya putusan mengenai perkara yang terjadi di wilayah hukum Pengadilan Negeri Sragen ini dapat memberi efek jera bagi seluruh masyarakat yang mengetahuinya, sehingga perkara tindak pidana pemerasan yang dilakukan secara bersama-sama tidak terjadi lagi di masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Unnamed user with username oyis
    Date Deposited: 25 Nov 2010 03:48
    Last Modified: 25 Nov 2010 03:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/340

    Actions (login required)

    View Item