PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SEKOLAH DASAR

Syawaludin, Ahmad (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (294Kb)

    Abstract

    Ahmad Syawaludin. K7113008. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SEKOLAH DASAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan kebutuhan guru dan siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran IPA berbasis Model Predict, Observe, Explain (POE) pada materi gaya untuk kelas V SD, (2) Mengembangkan draf awal (prototype) LKS menjadi LKS pembelajaran IPA berbasis Model POE pada materi gaya untuk kelas V SD. (3) Mengetahui kualitas lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran IPA berbasis Model POE pada materi gaya untuk kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dimodifikasi oleh Sukmadinata, yang terdiri atas dua tahapan, yaitu studi pendahuluan dan tahap pengembangan produk/ model. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Studi pendahuluan terdiri atas studi kepustakaan, survei lapangan, penyusunan produk awal atau draf model. Tahap pengembangan yaitu validasi desain oleh pakar dan ujicoba LKS. Uji coba LKS terdiri atas ujicoba terbatas dengan desain penelitian One-Shot Case Study dan uji coba lebih luas dengan One Group Pretest-Posttest Design. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis deskriptif kualitatif dan uji beda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tahap studi pendahuluan menunjukkan bahwa LKS yang tersedia di lapangan belum memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V, meliputi: LKS belum menekankan pada proses penemuan informasi, LKS masih bersisi kumpulan soal dan materi, dan penampilan LKS belum menarik minat pembaca. LKS perlu dikembangkan agar memenuhi persyaratan penyusunan LKS berbasis pada pembelajaran predict, observe, explain (POE) untuk pembelajaran IPA yang efektif. (2) Pengembangan dimulai dengan menyusun prototipe LKS IPA berbasis POE untuk siswa kelas V, dilanjutkan dengan validasi ahli terhadap prototipe LKS yang menyatakan bahwa prototipe LKS memenuhi kualitas baik sehingga dapat diujicobakan dengan revisi. (3) Penetapan prototipe LKS menjadi LKS berbasis model POE pada materi gaya untuk siswa kelas V melalui uji coba terbatas dan uji coba lebih luas memperoleh hasil yaitu LKS disusun sesuai dengan sintaks model pembelajaran POE. Selain itu, LKS telah memenuhi seluruh persyaratan penyusunan LKS, efektif, dan sesuai dengan pandangan para pakar dan pengguna sehingga layak untuk digunakan. Kata Kunci: lembar kerja siswa, pengembangan, predict, observe, explain (POE)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 17 Jul 2017 21:54
    Last Modified: 17 Jul 2017 21:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33995

    Actions (login required)

    View Item