PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PADA STAR COFFEE DI SOLO

HIDAYAH, LINA NUR (2010) PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PADA STAR COFFEE DI SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (676Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan di STAR COFFEE dengan tujuan untuk mengetahui mengenai Penerapan Strategi Promosi Pada STAR COFFEE di Solo. Penentuan strategi promosi bertujuan untuk memaksimalkan serta meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dengan strategi promosi yang tepat, maka besar kemungkinan tujuan perusahaan bisa tercapai. Adapun tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang meliputi periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan perorangan (personal selling), dan publisitas. Tujuan lain yang hendak dicapai adalah menyusun strategi promosi yang tepat sebagai hasil pemikiran penulis sehingga dapat membantu perusahaan dalam menjalankan program promosi yang bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, metode dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Tehnik analisis data deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan, mengolah, dan menjelaskan data mengenai strategi promosi yang diterapkan di Perusahaan STAR COFFEE dan juga menggambarkan keadaan obyek penelitian yang sebenarnya sesuai dengan data-data perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa media promosi yang diterapkan oleh STAR COFFEE adalah periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, dan publisitas. Biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan selama tiga bulan terakhir paling tinggi adalah melalui iklan, yaitu melalui media eletronik. Saran yang dapat penulis berikan adalah hendaknya perusahaan memperluas lagi kegiatan promosi lewat media cetak yaitu dalam bentuk brosur, dengan cara memperluas lagi wilayah penyebaran brosur ke tempat-tempat umum atau tempat yang ramai seperti tempat perbelanjaan, Mall. Hendaknya perusahaan menerapkan promosi penjualan dengan memberikan diskon bukan hanya pada produk beverage saja, tetapi produk makanan juga akan mempengarui tingkat penjualan. Karena harga makanan di STAR COFFEE termasuk relatif mahal. Hendaknya perusahaan menambah lagi biaya promosi, mengingat bahwa perusahaan ini adalah perusahaan baru. Dengan biaya yang tinggi dan kegiatan promosi yang efektif maka akan banyak mempengarui perkembangan perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Isro'iyatul Mubarokah
    Date Deposited: 13 Jul 2013 21:48
    Last Modified: 13 Jul 2013 21:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3399

    Actions (login required)

    View Item