DISSENTING OPINION DALAM PEMERIKSAAN PENINJAUAN KEMBALI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PUTUSAN PERKARA PELANGGARAN MEREK (STUDI PUTUSAN MA NO 104 PK/PID.SUS/2015)

Dewi, Ervina Rusdiana (2017) DISSENTING OPINION DALAM PEMERIKSAAN PENINJAUAN KEMBALI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PUTUSAN PERKARA PELANGGARAN MEREK (STUDI PUTUSAN MA NO 104 PK/PID.SUS/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (912Kb)

    Abstract

    Abstrak ERVINA RUSDIANA DEWI, E0013157, 2017. DISSENTING OPINION DALAM PEMERIKSAAN PENINJAUAN KEMBALI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PUTUSAN PELANGGARAN MEREK (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 104 PK/PID.SUS/2015). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dissenting opinion hakim Mahkamah Agung dalam memeriksa perkara pidana pelanggaran merek terhadap ketentuan KUHAP dan mengetahui implikasi dissenting opinion dalam pemeriksaan peninjauan kembali terhadap putusan perkara pelangaran merek. Penulisan ini merupakan penelitian hukum normatif atau biasa disebut dengan penelitian hukum doktrinal yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Bahan hukum primer terdiri dari perundang-undangan dan putusan Hakim. Adapun bahan hukum sekunder berupa semua publikasi tentang hukum yang bukan merupakan dokumen-dokumen resmi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dihasilkan, dapat disimpulkan bahwa dissenting opinion dalam pemeriksaan penijauan perkara merek telah sesuai ketentuan KUHAP Pasal 182 ayat (6) KUHAP dan implikasi dissenting opinion dalam pemeriksaan peninjauan kembali terhadap putusan perkara pelanggaran merek yaitu Putusan yang di mohonkan peninjauan kembali tetap berlaku 182 ayat 6 huruf (a) jo pasal 266 ayat 2 huruf (a) KUHAP yaitu menolak permohonan peninjauan kembali dan menetapkan bahwa putusan yang dimohonkan peninjauan kembali tetap berlaku yang dilakukan dengan mengambil suara terbanyak. Kata Kunci : Peninjauan Kembali, Dissenting Opinion, Pelanggaran merek

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 07 Jun 2017 20:11
    Last Modified: 07 Jun 2017 20:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33963

    Actions (login required)

    View Item