PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU DOMINO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI AMPELSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

DIYAH, AWALUS SA (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU DOMINO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI AMPELSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (959Kb)

    Abstract

    Abstrak Awalus Sa’diyah. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU DOMINO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI AMPELSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dalam peningkatan pembelajaran penjumlahan pecahan, (2) meningkatkan pembelajaran penjumlahan pecahan melalui penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dalam peningkatan pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Ampelsari tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Data berasal dari guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non-tes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dilaksanakan dengan langkah-langkah : (a) stimulation, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data processing, (e) verification, (f) generalization, (g) evaluation. (2) penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dapat meningkatkan pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Ampelsari tahun ajaran 2016/2017. (3) kendala dalam penelitian ini adalah kerja sama antar anggota kelompok kurang terlihat dan siswa kesulitan dalam membandingkan hasil berdasarkan hipotesis dan berdasarkan permainan kartu domino. Solusi yang dilakukan yaitu siswa dibimbing dalam melaksanakan diskusi kelompok, dan siswa dibimbing dalam membandingkan hasil berdasarkan hipotesis dan berdasarkan permainan kartu domino. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dapat meningkatkan pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Ampelsari tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : Discovery Learning, Media Kartu Domino, Pembelajaran, Pecahan ABSTRACT Awalus Sa’diyah. THE USE OF DISCOVERY LEARNING MODEL USING DOMINO CARD MEDIA IN IMPROVING THE LEARNING OF THE ADDITION OF FRACTION FOR FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI AMPELSARI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017 Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta, April 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of discovery learning model using domino card media in improving the learning of the addition of fraction, (2) to improve the learning of the addition of fraction through the use of discovery learning model using domino card media, (3) to describe obstacles and solutions to the use of discovery learning model using domino card media in improving the learning of the addition of fraction for for fourth grade students of SD Negeri Ampelsari in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of two meetings with four stages namely planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 30 students of fourth grade. The data were collected from teacher and student of fourth grade. Techniques of collecting data were test and non-test (observation and interview). The validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using descriptive qualitative analysis and statistic descriptive analysis. The results of this research show that: (1) the steps of the use of Discovery Learning model using domino card media ,namely: (a) stimulation, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data processing, (e) verification, (f) generalization, (g) evaluation. (2) The use of Discovery Learning model using domino card media can improve the learning of the addition of fraction for fourth grade students of SD Negeri Ampelsari in the academic year of 2016/2017. (3) There are some obstacles in this research; it is the teamwork between members of the group is not well conducted. It can be seen from students found it difficult in comparing the results based on the hypothesis and based on the domino card games. The solution is guiding students in conducting group discussion and guiding students in comparing results based on the hypothesis and based on the domino card game. The conclusion of this research is the use of Discovery Learning model using domino card media can improve the learning of the addition of fraction for fourth-grade students of SD Negeri Ampelsari in the academic year of 2016/2017. Keywords: Discovery Learning, Domino Cards Media, Learning, Fraction

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 07 Jun 2017 20:06
    Last Modified: 07 Jun 2017 20:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33961

    Actions (login required)

    View Item