PERJANJIAN UTANG PIUTANG DENGAN JAMINAN PENGUASAAN TANAH PERTANIAN OLEH PIHAK BERPIUTANG(Studi Kasus di Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo Kabupeten Wonogiri)

P, Astrian Endah (2017) PERJANJIAN UTANG PIUTANG DENGAN JAMINAN PENGUASAAN TANAH PERTANIAN OLEH PIHAK BERPIUTANG(Studi Kasus di Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo Kabupeten Wonogiri). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (655Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Astrian Endah Pratiwi. E0013073. 2017.PERJANJIAN UTANG PIUTANG DENGAN JAMINAN PENGUASAAN TANAH PERTANIAN OLEH PIHAK BERPIUTANG(Studi Kasus di Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo Kabupeten Wonogiri)Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mekanisme perjanjian utang piutang dengan jaminan penguasaan tanah pertanian oleh pihak berpiutang di Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri2) Alasan dilakukan perjajian utang piutang dengan jaminan penguasaan tanah pertanian oleh pihak berpiutang dalam bentuk tidak tertulis dan tanpa jangka waktu di Desa Kerjo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wongiri. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah wawancara dengan para pihak terkait. Sedangkan data sekunder yang digunakan adalah bahan kepustakaan, peraturan perundang-undangan, jurnal, artikel, dan bahan dari internet serta sumber lain yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustaaan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan, yaitu: 1) Perjanjian utang piutang dengan jaminan penguasaan tanah pertanian oleh pihak berpiutang di Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri initerjadi dengan tahap / fase : Tahap Pra Contract yaitu mengeni penawaran dan penerimaan. mengenai suatu janji untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu secara khusus pada masa yang akan datang dan kesepakatan dari pihak lain untuk menerima persyaratan yang diajukan oleh pihak penawar yang didasarkan dengan asas itikad baik yang diatur dalam Pasal 1338 ayat (3) KUHPerdata, Tahap Contract atau tahap terbentuknya perjanjian karena telah terjadi pertemuan kehendak dari kedua belah pihak, yang didasarkan dengan asas konsensualisme yang diatur dalam Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata, Tahap Post Contractyang melahirkan hak-hak dan kewajiban-kewajiban para pihak. Tahap ini merupakan pelaksanaan perjanjian yang didasarkan atas asas pacta sunt servanda, kemudian yang terakhir mengenai berakhirnya perjanjian. Bentuk perjanjiannya dilakukan secara lisan dan tanpa janga waktu. 2) Alasan dilakukanya perjanjian utang piutang dengan jaminan penguasaan tanah pertanian oleh pihak berpiutang secara lisan atau tidak tertulis dan tanpa jangka waktu di Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri ini adalah karena adanya rasa kepercayaan antar para pihak mengenai pemenuhan prestasi oleh masing-masing pihak yang terlibat dalam perjanjian. Kata Kunci: Perjanjian, Utang Piutang, Jaminan,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 07 Jun 2017 20:02
    Last Modified: 07 Jun 2017 20:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33959

    Actions (login required)

    View Item