PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JERUKAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

MUALLIFAH, ANIS (2017) PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JERUKAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Presentation
Download (185Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anis Muallifah Fatimatus Sa’diyah. PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JERUKAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan langkah – langkah penerapan metode inkuiri dengan media konkret, (2) untuk meningkatkan pembelajaran penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran operasi hitung pecahan dengan media konkret, (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode inkuiri dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran operasi hitung pecahan pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Jerukagung Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini dengan menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah penerapan metode inkuiri dengan media konkret, yaitu: (a) mengajukan pertanyaan, (b) merumuskan masalah, (c) merumuskan hipotesis, (d) melakukan percobaan, (e ) menganalisis data percobaan, (f) membuat kesimpulan; (2) Metode inkuiri dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran pengoperasian pecahan siswa kelas V SD Negeri 1 Jerukagung pada tahun ajaran 2016/2017. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar di Siklus I 86,20%, pada siklus II hasil belajar 87,93%, dan pada siklus III hasil belajar 93,38%; (3) Ada beberapa kendala dalam menerapkan metode inkuiri dengan media konkret yaitu: (a) guru kurang memperbanyak sesi tanya jawab dalam memaparkan masalah, (b) guru kurang maksimal membimbing siswa dalam melakukan mengumpulkan data hasil percobaan, (c) guru kurang memperhatikan alokasi waktu, (d) siswa masih ramai pada saat pembelajaran. Adapun solusinya adalah (a) guru meningkatkan jumlah sesi tanya jawab, (b) guru memperlakukan siswa secara setara dalam membimbing siswa selama eksperimen, (c) Alokasi waktu pada rencana pelajaran, (d) guru perlu mengendalikan siswa agar tidak ribut selama pelajaran berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan inkuiri dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran operasi hitung pecahan siswa kelas VSD Negeri 1 Jerukagung tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Metode Inkuiri, Media Konkret, Operasi Hitung Pecahan. ABSTRACT Anis Muallifah Fatimatus Sa’diyah. The Use of Inquiry using Concrete Media to Improve the Learning of Operations of Fraction for Fifth Grade Students of SD Negeri 1 Jerukagung in the Academic Year of 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta., April 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of inquiry method using concrete media, (2) to improve the learning of the operation of fraction, (3) to describe obstacles and solutions implementation of inquiry method using concrete media to improve the learning of operations of fraction for fifth grade students. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of two meetings with four stages namely planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 29 students of fifth grade of SD Negeri 1 Jerukagung in the academic year of 2016/2017. It consisted of 12 male students and 17 female students. The sources of the research were students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were observation, interview, and test. The validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps of the use of inquiry using concrete media, namely: (a) asking questions, (b) formulating problems, (c) formulating hypothesis, (d) conducting experiments, (e) analyzing data of experiment, (f) drawing conclusion; (2) It can improve the learning of the operation of fraction for fifth grade students of SD Negeri 1 Jerukagung in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of the learning outcomes in Cycle I 86,20%, in the Cycle II the learning outcomes 87,93%, and in the Cycle III the learning outcomes 93,38%; (3) There are several obstacles in applying the questions using concrete media, namely: (a) the teacher less reproduce the question and answer session in describing the problem, (b) the teacher is not maximal in guiding the students in collecting the data of experimental results; Time allocation, (d) students are still crowded at the time of learning. There are some obstacles in implementing inquiry using concrete media, as for the solutions are (a) teacher improves the number of question and answer session, (b) teacher treats students equally in guiding student during the experiments, (c) the time allocation on the lesson plan, (d) teacher needs to control the students not to make noise during the lesson. The conclusion of this research is the use of inquiry using concrete media can improve the learning of the operation of the fraction for fifth-grade students of SD Negeri 1 Jerukagung in the academic year of 2016/2017. Keywords: Inquiry Method, Concrete Media, The operations of Fraction.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 07 Jun 2017 19:55
    Last Modified: 07 Jun 2017 19:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33956

    Actions (login required)

    View Item