PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KETANGKASAN PADA SISWA KELAS XI TARI B SMK NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

J, TONANG DWI KUSUMO (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KETANGKASAN PADA SISWA KELAS XI TARI B SMK NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (783Kb)

    Abstract

    Tonang Dwi Kusumo. K4613138.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KETANGKASAN PADA SISWA KELAS XI TARI B SMK NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar senam ketangkasan lompat kangkang dengan model pembelajaranStudent Team Achivement Divisions (STAD)pada siswa kelas XI Tari B SMK Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI Tari B SMK Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 21siswa terdiri dari 2siswa putra dan 19siswa putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan kelas ini prosentase untuk melihat kencenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan pendekatan Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar lompat kangkang dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil hasil belajar (psikomotor) teknik dasar lompat kangkang pada siklus I yaitu 11 peserta didik (52,39%) tuntas dan 10 peserta didik (47,61%) tidak tuntas. Hasil belajar afektif adalah 5 peserta didik (23,80%) sangat baik dan 16 peserta didik (76,20 %) baik.Sedangkan hasil belajar kognitif lompat kangkang adalah 15 peserta didik (71,42 %) tuntas dan 6 peserta didik (28,58%) belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar (psikomotor) teknik dasar lompat kangkang pada siklus II yaitu 17 peserta didik (80,96 %) tuntas dan 4 peserta didik (19,04 %) tidak tuntas. Hasil belajar afektif peserta didik adalah 9 peserta didik (42,86%) dinyatakan sangat baik, 8 peserta didik (38,09%) dinyatakan baik dan 4 peserta didik (19,05%) dinyatakan kurang. Sedangkan ketercapaian ketuntatasan nilai kognitif adalah 18 peserta didik (85,71 %) tuntas dan 3 peserta didik (14,29%) belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penerapan model pembelajaranStudent Team Achievement Divisionsdapat meningkatkan hasil belajar senam ketangkasan pada siswa kelas XI Tari B SMK Negeri 8 Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci : Hasil Belajar, Senam Ketangkasan Lompat Kangkang, Model PembelajaranStudent Team Achievement Divisions (STAD).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 07 Jun 2017 19:13
    Last Modified: 07 Jun 2017 19:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33947

    Actions (login required)

    View Item