PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KARTU MUATAN DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 5 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

MARDIYATI, RINA (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KARTU MUATAN DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 5 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (307Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rina Mardiyati. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KARTU MUATAN DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 5 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan yang dapat meningkatkan pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV SDN 5 Kutosari; (2) untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan dapat meningkatkan hasil belajar bilangan bulat siswa kelas IV SDN 5 Kutosari; (3) untuk menemukan kendala dan solusi pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan dalam peningkatan hasil belajar bilangan bulat siswa kelas IV SDN 5 Kutosari. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Kutosari yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan yang dapat meningkatkan pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV SDN 5 Kutosari: (a) pembentukan kelompok, (b) guru menjelaskan materi dengan menggunakan media kartu muatan, (c) siswa berdiskusi menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru dengan cara menggunakan media kartu muatan yang telah disediakan, (d) kuis/pertanyaan, (e) penyimpulan, dan (f) penghargaan; (2) pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan dapat meningkatkan hasil belajar bilangan bulat siswa kelas IV SDN 5 Kutosari; (3) kendala pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan dalam peningkatan hasil belajar bilangan bulat siswa kelas IV SDN 5 Kutosari: (a) penggunaan bahasa kurang baku, (b) pembagian kelompok menyita waktu banyak, (c) siswa kurang komunikatif dalam menyampaikan hasil diskusi, (d) pada saat kegiatan pembelajaran ada siswa yang tidak memperhatikan. Solusi yang dilakukan oleh peneliti (guru) yaitu: (a) guru menggunakan bahasa baku, (b) pembagian kelompok dilakukan sehari sebelum penelitian, (c) guru membantu siswa dalam menyampaikan hasil diskusi, (d) guru akan menegur siswa yang tidak memperhatikan. Bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan ini dapat digunakan dan meningkatkan pembelajaran dengan syarat dalam pelaksanaannya menggunakan langkah-langkah yang tepat. Kata kunci: pembelajaran, STAD, media kartu muatan, bilangan bulat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 07 Jun 2017 18:59
    Last Modified: 07 Jun 2017 18:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33940

    Actions (login required)

    View Item