Nilai Konsumen Muslim : Efek Moderasi Religiusitas dalam Niat Pembelian Ulang (Studi pada Pengguna Hijab di Kota Surakarta)

FAJRIN, RENNY SILVIANA (2017) Nilai Konsumen Muslim : Efek Moderasi Religiusitas dalam Niat Pembelian Ulang (Studi pada Pengguna Hijab di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (95Kb)

    Abstract

    ABSTRAK NILAI KONSUMEN MUSLIM : EFEK MODERASI RELIGIUSITAS DALAM NIAT PEMBELIAN ULANG (Studi pada Pengguna Hijab di Kota Surakarta) RENNY SILVIANA FAJRIN NIM. F0213085 Perceived value pada produk-produk Islami menjadi tema yang menarikuntuk diteliti karena besarnya jumlah konsumen muslim di pasar dunia. Namun di sisi lain, nilai konsumen muslim berorientasi pada pasar ini belum jelas. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji : 1) pengaruh nilai konsumen muslim terhadap kepuasan konsumen, 2) pengaruh kepuasan konsumen hijab terhadap niat pembelian ulang, 3) pengaruh religiusitas memoderasi hubungan kepuasan konsumen terhadap niat pembelian ulang. Responden penelitian ini adalah pengguna hijab merek Rabbani di Surakarta yang memiliki niat membeli kembali hijab Rabbani. Data diambil menggunakan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling.Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS. Alat uji yang digunakan adalah SEM Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1)nilai konsumen muslim berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) kepuasan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang, dan 3) religiusitas memperkuat hubungan kepuasan konsumen dan niat pembelian ulang. Kekurangan dalam penelitian ini adalah hanya berfokus pada beberapa dimensi perceived value. Untuk itu peneliti berharap di penelitian selanjutnya untuk melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian ini. Kata kunci: nilai konsumen muslim, kepuasan konsumen, niat pembelian ulang, religiusitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 14:17
    Last Modified: 05 Jun 2017 14:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33939

    Actions (login required)

    View Item