PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD N 2 JOGOPATEN TAHUN 2012/2013

MULIYANA, PUTRI (2017) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD N 2 JOGOPATEN TAHUN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (296Kb)

    Abstract

    Putri Muliyana. PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD N 2 JOGOPATEN TAHUN 2012/2013. SkripsiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris siswa kalas IV SD Negeri 2 Jogopaten, (2) mendeskripsikan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris siswa kalas IV SD Negeri 2 Jogopaten, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model pembelajaran Make a Match dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa kalas IV SD Negeri 2 Jogopaten Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus, 4 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Jogopaten yang berjumlah 21 siswa. Data diperoleh dari observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan model Make a Match dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) guru membagi siswa dalam kelompok secara heterogen dan menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.; (b) presentasi di kelas; (c) pelaksanaan games; (d) penghargaan kelompok; (f) evaluasi individu; (g) membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran, (2) penerapan model Make a Match telah terbukti dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris tentang jual beli di kelas IV SDN 2 Jogopaten tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada aspek hasil belajar. Hasil belajar siswa pada siklus I 75,00%, pada siklus II 94,44 %, (3) Kendala yang terjadi dalam penerapan model Make a Matchyaitu: (a) keributan saat diskusi kelompok, (b) ketidaksetujuan siswa dengan pembentukan kelompok heterogen, (c) keributan saat pelaksanaan game, (d) siswa terlambat menyelesaikan evaluasi, (e) alokasi pengajaran klasikal terbatas. Solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut yaitu a) guru membimbing siswa dalam diskusi, (b) guru menjelaskan tujuan pengelompokan, (c) guru membimbing siswa saat game, (d) guru mengawasi siswa agar tidak bersantai-santai saat evaluasi, serta (e) pengalokasian waktu secara efisien. Kesimpulan: penerapan model Make a Match yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SDN 2 Jogopaten tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: model Make a Match, pembelajaran, Bahasa Inggris.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 14:09
    Last Modified: 05 Jun 2017 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33935

    Actions (login required)

    View Item