Interaksi Sosial Warga dengan Keluarga Keturunan Eks Anggota PKI Madiun (Studi Kasus di Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo)

JUNJUNAN, PENTA (2017) Interaksi Sosial Warga dengan Keluarga Keturunan Eks Anggota PKI Madiun (Studi Kasus di Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (831Kb)

    Abstract

    Penta Junjunan Bhirawa Andalas. D0312060. 2016. “Interaksi Sosial Warga dengan Keluarga Keturunan Eks Anggota PKI Madiun” (Studi Kasus di Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses interaksi sosial berbentuk kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi antara warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI yang tinggal di Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi mempengaruhi proses interaksi sosial warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI setelah terjadinya peristiwa pemberontakan PKI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Solidaritas Emile Durkheim, dimana dalam teori tersebut solidaritas dibagi menjadi dua yaitu solidaritas organik dan solidaritas mekanik. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan sajian deskriptif kualitatif. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi terhadap warga Desa Bancangan yang bukan keturunan eks anggota PKI dan keluarga keturunan eks anggota PKI yang tinggal di Desa Bancangan. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive dimana 4 warga desa yang bukan keluarga keturunan eks anggota PKI dan 4 warga desa yang merupakan keluarga keturunan eks anggota PKI. Untuk validitas data digunakan triangulasi sumber terhadap Lurah Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 8 informan yang terbagi menjadi 4 warga desa yang bukan keluarga keturunan eks anggota PKI dan 4 warga desa yang merupakan keluarga keturunan eks anggota PKI memiliki interkasi sosial yang baik. Interaksi sosial yang terjadi diantara warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI adalah interkasi yang terstrukstur, dimana interaksi sosial terstruktur merupakan interaksi yang terjadi dikarenakan adanya sebuah aturan yang telah ada dan dilakukan oleh semua warga dan dikoordinir oleh kepala desa atau tokoh masyarakat setempat, misalnya seperti kerja bakti, pengajian, menjenguk warga apabila ada yang terkena musibah. Hubungan kerjasama, bentuk akomodasi, asimilasi, akulturasi, tidak persaingan, kontravensi, dan konflik. Faktor yang mempengaruhi interkasi sosial antara warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI adalah faktor sugesti dan faktor simpatik Kata kunci: Interaksi Sosial, Solidaritas, Eks Anggota PKI, Desa Bancangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 14:05
    Last Modified: 05 Jun 2017 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33933

    Actions (login required)

    View Item