ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FAKTORISASI SUKU ALJABAR BERDASARKAN KESULITAN BELAJAR FAKTOR INTELEKTUAL SISWA PADA KELAS VIII B SMP N 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

DEWANTI, NOVITA AYU (2017) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FAKTORISASI SUKU ALJABAR BERDASARKAN KESULITAN BELAJAR FAKTOR INTELEKTUAL SISWA PADA KELAS VIII B SMP N 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (200Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novita Ayu Dewanti. K1312051. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FAKTORISASI SUKU ALJABAR BERDASARKAN KESULITAN BELAJAR FAKTOR INTELEKTUAL SISWA PADA KELAS VIII B SMP N 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa yang memiliki kesulitan belajar rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar pada kelas VIII B SMP N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Surakarta yang terbagi kedalam 3 kelompok, yaitu kelompok kesulitan belajar rendah, sedang, dan tinggi dengan tiap kelompok terdiri dari 2 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki kesulitan belajar faktor intelektual rendah telah mampu: a) menyatakan ulang konsep; b) menentukan konstanta, koefisien dan suku, namun belum mampu menentukan variabel; c) menentukan contoh lain dari permasalahan aljabar; d) membentuk representasi matematis; e) menyelesaikan berbagai permasalahan aljabar; dan f) mengoperasikan berbagai bentuk permasalahan aljabar dan menggunakan konsep pada pemecahan masalah. (2) Siswa yang memiliki kesulitan belajar faktor intelektual sedang telah mampu: a) menyatakan ulang konsep mampu menyatakan pengertian dari konstanta, variabel, dan koefisien, namun belum mampu menyatakan ulang konsep suku; b) menentukan konstanta, koefisien dan suku, namun belum mampu menentukan variabel; c) menentukan contoh lain dari permasalahan aljabar; d) membentuk representasi matematis, e) menyelesaikan berbagai permasalahan aljabar; f) mengoperasikan berbagai bentuk permasalahan aljabar dan g) menggunakan konsep pada pemecahan masalah. (3) Siswa yang memiliki kesulitan belajar faktor intelektual tinggi telah mampu : a) menyatakan ulang konsep dari konstanta dan variabel, namun belum mampu menyatakan ulang konsep koefisien, dan suku; b) menentukan konstanta dan variabel, dari suatu bentuk aljabar namun belum mampu menentukan konstanta dan koefisien; c) menentukan contoh lain dari permasalahan aljabar, serta belum mampu : d) membentuk representasi matematis; e) menyelesaikan berbagai permasalahan aljabar; f) mengoperasikan berbagai bentuk permasalahan aljabar dan g) menggunakan konsep pada pemecahan masalah. Kata kunci: pemahaman konsep, kesulitan belajar, faktor intelektual

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 13:59
    Last Modified: 05 Jun 2017 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33930

    Actions (login required)

    View Item