PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JATILUHUR TAHUN AJARAN 2012/2013

, NOVITA (2017) PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JATILUHUR TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (338Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novita. PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG SEDERHANA PADA siswa Kelas IV SDN 1 JATILUHUR TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang sederhana dengan menggunakan metode inkuiri dan mendeskripsikan penggunaan metode inkuiri dalam meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN 1 Jatiluhur Tahun 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Jatiluhur yang berjumlah 21 siswa. Data berasal dari siswa, teman sejawat, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan proses belajar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil observasi dengan rata- rata nilai siklus I 67,62, siklus II 72,48 dan siklus III 78,19.Ini terbukti dari siswa dapat menggunakan langkah- langkah metode inkuiri dimulai dari orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis hingga menarik kesimpulan dengan benar. Metode inkuiri juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang sederhana kelas IV SDN 1 Jatiluhur Tahun Ajaran 2012/ 2013, Peningkatan itu dapat terlihat dari persentase tes hasil belajar siswa siklus I sebesar 47,62%, siklus II sebesar 80,95% dan siklus III meningkat lagi sebesar 100%. Simpulan penelitian ini, adalah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN 1 Jatiluhur tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci : Metode Inkuiri, matematika, bangun ruang sederhana

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 13:57
    Last Modified: 05 Jun 2017 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33929

    Actions (login required)

    View Item