PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA MANIK-MANIK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN SAMPANG 02 TAHUN AJARAN 2012/2013

YUNIATIN, NANIK RATIH (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA MANIK-MANIK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN SAMPANG 02 TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (318Kb)

    Abstract

    Nanik Ratih Yuniatin. PENERAPAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA MANIK-MANIK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN SAMPANG 02 TAHUN AJARAN 2012/201 Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Tujuan penelitian tindakan kelas kolaboratif ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan tipe TAI dengan media manik-manik, (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran bilangan bulat dengan menerapkan tipe TAI dengan media manik-manik, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan tipe TAI dengan media manik-manik dalam peningkatan pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV SDN Sampang 02 tahun ajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Penerapan tipe TAI dengan media manik-manik sudah dilaksanakan dengan langkah-langkah: placement test dengan media manik-manik, teamteaching group, student creative dengan media manik-manik, team study, team score and recognitation, fact tes, dan whole unit class, (2) Penerapan tipe TAI dengan media manik-manik dapat meningkatkan pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV SDN Sampang 02 tahun 2012/2013 yang dibuktikan dengan peningkatkan hasil belajar, yaitu pada siklus I sebesar 83, 92%, siklus II sebesar 89,28% dan siklus III mencapai 96,42%.(3) Kendala yang dihadapi antara lain: (a) siswa kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran, (b) siswa kurang memahami tugas masing-masing dalam kelompok, (c) ada siswa yang pasif. Solusinya yaitu: (a) guru senantiasa mengkondisikan siswa, (b) guru perlu menjelaskan dengan lebih jelas, (c) guru memantau peran masing-masing siswa saat kegiatan diskusi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe TAI dengan media manik-manik dapat meningkatkan pembelajaran bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sampang 02 tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: TAI, media manik-manik, peningkatan pembelajaran, bilangan bulat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 13:52
    Last Modified: 05 Jun 2017 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33926

    Actions (login required)

    View Item