Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Dalam Pelayanan Kesehatan Di UPT Puskesmas Sibela Surakarta

P, MAYLINA BELLA (2017) Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Dalam Pelayanan Kesehatan Di UPT Puskesmas Sibela Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (500Kb)

    Abstract

    Maylina Bella Permata. D1514065. 2017. “Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Dalam Pelayanan Kesehatan Di UPT Puskesmas Sibela Surakarta”. Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Univertsitas Sebelas Maret Surakarta. 51 halaman. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui secara mendalam mengenai Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Dalam Pelayanan Kesehatan Di UPT Puskesmas Sibela Surakarta dan Kelebihan serta Kelemahan SIMPUS. Metode pengamatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan observasi berperan aktif. Penulis melakukan pengamatan dan ikut berperan dalam suatu situasi yang berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Dalam Pelayanan Kesehatan Di UPT Puskesmas Sibela Surakarta. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam pengamatan adalah dengan wawancara, observasi berperan aktif, dan mengkaji dokumen dan arsip. Hasil pengamatan ini adalah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien, pengoperasian Aplikasi SIMPUS terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah Masukan (Input), Aplikasi SIMPUS memperoleh masukan berupa data diri pasien yang diperoleh dari pendaftaran pasien di loket pendaftaran. Tahap kedua adalah Proses (Process), yaitu dengan melakukan proses pemeriksaan secara langsung kepada pasien di unit pelayanan. Hasil pemeriksaan dokter di simpan ke dalam Aplikasi SIMPUS oleh perawat sebagai bukti bahwa pasien telah memperoleh proses pemeriksaan. Tahap ketiga adalah Keluaran (Output), Aplikasi SIMPUS mengeluarkan kuitansi pembayaran dan surat rujukan. Kelebihan Aplikasi SIMPUS adalah dengan menggunakan Aplikasi SIMPUS pendaftaran pasien lebih efisien waktu, pencarian data pasien lebih mudah dilakukan, mudah dalam mengedit data pasien, dan mudah untuk dipelajari. Kelemahan Aplikasi SIMPUS adalah Aplikasi SIMPUS sering eror/lambat dalam memproses data (pembuatan surat rujukan) dan menyimpan data diri pasien yang disebabkan oleh jaringan internet. Untuk mengatasi eror/lambat jaringan internet, saran penulis adalah menggunakan wifi yang lebih baik yaitu wifi yang memiliki kecepatan akses lebih tinggi. Selain itu, melakukan koordinasi dengan BPJS mengenai tidak munculnya nomor surat rujukan. Sehingga pelayanan kepada pasien menjadi lebih lancar. Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan, Aplikasi SIMPUS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 13:40
    Last Modified: 05 Jun 2017 13:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33921

    Actions (login required)

    View Item