HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET

ARYANI, KARTIKA DWI (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (991Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kematangan karir adalah perilaku seseorang yang dilakukan bertujuan untuk melaksanakan tugas-tugas pengembangan karir yang berbeda, sesuai dengan setiap tahap kematangannya. Proses menuju kematangan karir dilalui dengan berbagai hambatan yang akan dihadapi oleh individu. Mengatasi hambatan tersebut individu harus memiliki kemampuan yang mumpuni agar masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan efektis yang disebut juga dengan kecerdasan adversitas. Selain memiliki kemampuan, individu juga harus memiliki keyakinan bahwa hambatan yang datang dapat terselesaikan dan tidak terjadi berlarut-larut atau disebut juga dengan efikasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversitas dan efikasi diri dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sebelas Maret. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir angkatan 2011 dan 2012 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS yang berjumlah 100 orang. Instrumen yang digunakan adalah Career Maturity Inventory (CMI), skala kecerdasan adversitas, dan skala efikasi diri. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung sebesar 6,999 > nilai Ftabel sebesar 3,090 dengan taraf siginifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai R = 0,355. Nilai R2 = 0,126 atau 12,6%, dimana sumbangan efektif kecerdasan advesritas = 11,3% dan sumbangan efektif efikasi diri = 1,3%. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan adversitas dengan kematangan karir (sig 0,031 < 0,05), rx1y = 0,217; serta tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kematangan karir (sig 0,052 > 0,05), rx2y = 0,196. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kecerdasan adversitas dan efikasi diri dengan kematangan karir, antara kecerdasan adversitas dengan kematangan karir, dan tidak terdapaat hubungan anatara efikasi diri dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kata kunci : Kecerdasan Adversitas, Efikasi Diri, Kematangan Karir.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Jun 2017 13:21
    Last Modified: 05 Jun 2017 13:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33912

    Actions (login required)

    View Item