ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM BERDASARKAN JUDEX FACTI MENGABAIKAN ALAT BUKTI PETUNJUK DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS MENJATUHKAN PIDANA DALAM PERKARA PENCURIAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR: 1169 K/PID/2015)

DEWANTARA, AVIAN ADI (2017) ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM BERDASARKAN JUDEX FACTI MENGABAIKAN ALAT BUKTI PETUNJUK DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS MENJATUHKAN PIDANA DALAM PERKARA PENCURIAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR: 1169 K/PID/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1007Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pengajuan Kasasi oleh Penuntut Umum atas dasar judex facti mengabaikan alat bukti petunjuk terhadap putusan bebas perkara pencurian dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP dan untuk mengetahui kesesuaian alasan pertimbangan hakim Mahkamah Agung dalam memeriksa dan memutus pengajuan kasasi penuntut umum terhadap putusan bebas perkara pencurian dengan ketentuan dalam Pasal 256 KUHAP. Penulisan hukum ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif, atau dikenal sebagai penelitian hukum doctrinal yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau bahan sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan. Penelitian ini bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus (case approach), yang utama adalah meneliti ratio decidendi yaitu alasan-alasan hukum hakim untuk sampai pada putusannya. Pengajuan kasasi oleh penuntut umum atas dasar judex facti salah menerapkan hukum terhadap putusan bebas perkara pencurian dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP Hal tersebut karena hakim Pengadilan Negeri Lubuk Pakam dalam memberikan putusan tidak menerapkan hukum sebagaimana mestinya dan dalam cara mengadili tidak dilaksanakan menurut ketentuan undang-undang yaitu dalam hal alat bukti yang telah sesuai dengan Pasal 184 KUHAP. Alasan pertimbangan hakim Mahkamah Agung dalam memeriksa dan memutus pengajuan kasasi penuntut umum terhadap putusan bebas perkara pencurian telah sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 256 KUHAP karena Mahkamah Agung mempertimbangkan bahwa judex facti telah salah menerapkan hukum dan dalam cara mengadili tidak dilaksanakan menurut ketentuan undang-undang. Sehingga pertimbangan yuridis Mahkamah Agung dalam Putusan Nomor 1169 K/PID/2015, sesuai dengan ketentuan Pasal 255 ayat (1) jo. Pasal 256 KUHAP dengan mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam. Kata Kunci : Kasasi, Putusan Bebas, Alat Bukti, Pencurian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 01 Jun 2017 00:03
    Last Modified: 01 Jun 2017 00:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33889

    Actions (login required)

    View Item