PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN DAN PERNYATAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

AFDHILLA, ZULFA AYU (2017) PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN DAN PERNYATAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (701Kb)

    Abstract

    Zulfa Ayu Afdhilla. PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN DAN PERNYATAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2017. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil observasi prasiklus menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran biologi muncul 1 pertanyaan dan 82 pernyataan diajukan. Kualitas pertanyaan hanya berada pada faktual C1, sedangkan pernyataan berada pada faktual C1, konseptual C1, konseptual C2 dan prosedural C2. Hasil observasi menunjukkan rendahnya kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyaataan, sehingga perlu ditingkatkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Validiasi data menggunakan teknik triangulasi metode dan dianalisis melalui teknik analisis deskriptif kualitatif. Analisis kuantitas pertanyaan dan ;pernyataan berdasarkan jumlah pertanyaan dan pernyataan yang diajukan peserta didik.Analisis kualitas pertanyaan dan pernyataan berdasarkan taksonomi Bloom terevisi. Hasil penelitian terhadap kuantitas pertanyaan Siklus I, II, dan III secara berturut-turut sebanyak 36, 26 dan 60 pertanyaan, sedangkan kuantitas pernyataan sebanyak 136, 58, dan 137 pernyataan. Pertanyaan dan pernyataan peserta didik berada pada kemampuan berpikir tingkat rendah (C1 dan C2), namun selama pelaksanaan siklus, pertanyaan dan pernyataanpeserta didik dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi (C3 dan C5) juga teridentifikasi. Pertanyaan dan pernyataan peserta didik berdasarkan dimensi pengetahuan terdiri dari pertanyaan dan pernyataan faktual, konseptual, dan prosedural. Partisispasi peserta didik dalam mengajukan pertanyaan dan pernyataan juga meningkat. Sebagian besar peserta didik mengajukan pertanyaan dan pernyataan pada pelaksanaan siklus. Kesimpulan hasi penelitian adalah penerapan pembellajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik dengan hasil yang bervariiasi pada setiapp siklus. Kata Kunci : pertanyaan, pernyataan, model pembelajaran inkuiri terbimbing.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 May 2017 04:41
    Last Modified: 31 May 2017 04:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33881

    Actions (login required)

    View Item