Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Metode JIgsaw di SMA Negeri Kabupaten Karanganyar

NASUCHA, YAKUB (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Metode JIgsaw di SMA Negeri Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (265Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian dan pengembangan secara umum adalah untuk mengembangkan model pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode jigsaw di SMA Negeri kabupaten Karanganyar. Tujuan secara khusus adalah untuk (1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran menulis teks eksposisi, (2) mengetahui kebutuhan guru terhadap pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode jigsaw, (3) menjelaskan pengembangan model pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode jigsaw, dan (4) mengetahui keefektifan model pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode jigsaw. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan prosedur Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata menjadi tiga tahap. Pertama, tahap eksplorasi. Strategi pada tahap eksplorasi adalah deskriptif eksplanatif dan analisis data yang digunakan teknik interaktif. Kedua, tahap pengembangan model. Mekanisme pada tahap pengembangan model (1) uji coba draf model terbatas dan lebih luas, (2) monitoring dan evaluasi uji coba, dan (3) perbaikan draf model. Ketiga, tahap pengujian model. Metode pada tahap pengujian model adalah eksperimen dan teknik analisis data dengan uji hipotesis yang digunakan Gain Score. Hasil Penelitian dan pengembangan pada tahap eksplorasi adalah guru bahasa Indonesia di SMA Negeri kabupaten Karanganyar sangat membutuhkan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode jigsaw penulisan berantai. Pada tahap pengembangan model telah dihasilkan empat langkah pembelajaran metode jigsaw penulisan berantai, yaitu (1) pengantar pembelajaran, (2) pengkondisian pembelajaran, (3) pembelajaran dengan metode jigsaw penulisan berantai, dan (4) penutupan pembelajaran. Pada tahap pengujian model dihasilkan perhitungan Gain Score, yakni harga thitung = - 2,204 dan harga ttabel = 2,0106 maka harga thitung < daripada harga ttabel. Keputusannyanya ada perbedaan rata-rata Gain Score antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode jigsaw penulisan berantai lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan metode ceramah. Kata kunci: pengembangan model, pembelajaran kooperatif, teks eksposisi, metode jigsaw, dan penulisan berantai. ABSTRACT In general, the research and development (R&D) aims at developing a learning model of exposition text writing by using a jigsaw method SMA Negeri Kabupaten Karanganyar. In particular, it aims at describing (1) a learning activity of exposition text writing, (2) the teachers’ need of exposition text writing learning by using a jigsaw method, (3) a learning model development of exposition text writing by using a jigsaw method, and (4) describing an effective learning model of exposition text writing by using a jigsaw method. The R&D used the Borg and Gall’s procedure modified by Sukmadinata into three stages: exploration, model development, and model evaluation. The exploration applied descriptive-explanative strategy and the data analysis employed an interactive technique. The mechanism of model development included (1) the more limited and wider trial-error, (2) the trial-error monitoring and evaluation, and (3) the model draft revision. The method of the model evaluation was the experiment and technique of data analysis use the hypothesis test of Gain Score. The result of the R&D in the exploration stage shows that the Indonesian language teachers of SMA Negeri kabupaten Karanganyar needed learning of exposition text writing by using a sequential writing jigsaw method. In the model development stage, it is found that there are four steps of sequential writing jigsaw method learning. These steps are as follows: (1) opening learning, (2) learning condition, (3) learning by using sequential writing jigsaw method, and (4) closing learning. In the model evaluation stage, it is found that the calculation of the Gain Score shows, namely, result tcount = - 2.204 and result ttable = 2.0106, so result tcount < is smaller than result ttable. Therefore, it is stated that there is difference of the average Gain Score between experiment group and control group. In conclusion, the result of the hypothesis states that the learning of exposition text writing by using a jigsaw method is more effective than a lecturing method. Keywords: model development, cooperative learning, exposition text, jigsaw method, and sequential writing.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 May 2017 04:20
    Last Modified: 31 May 2017 04:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33878

    Actions (login required)

    View Item