Upaya Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi LKS pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016

NINGRUM, REZNI SURYA (2017) Upaya Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi LKS pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1188Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rezni Surya Ningrum. K3312062. UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI LKS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Iindividualization (TAI) dilengkapi LKS pada materi kelarutan dan hasil kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah siswa, guru dan kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Pada siklus I, ketercapaian kreativitas siswa sebesar 28,13% dan meningkat menjadi 71,88% pada siklus II. 2) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Prestasi belajar siswa meliputi ketuntasan aspek kognitif, afektif dan psikomotor Aspek kognitif pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 43,75% dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Aspek afektif siswa pada siklus I ketercapaiannya sebesar 84,38% dan meningkat menjadi 90,63% pada siklus II. Sedangkan aspek psikomotor siswa hanya dilakukan pada siklus I dengan presentase ketercapaiannya sebesar 100%. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Team Assisted Individualization (TAI), Prestasi Belajar, Kreativitas, LKS, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 May 2017 03:58
    Last Modified: 31 May 2017 03:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33875

    Actions (login required)

    View Item