Strategi Bersaing Keripik Singkong Cap Gerus Produksi UKM Sumekar Pratiwi Kabupaten Tuban

Utami, Nizar (2017) Strategi Bersaing Keripik Singkong Cap Gerus Produksi UKM Sumekar Pratiwi Kabupaten Tuban. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (56Kb)

    Abstract

    STRATEGI BERSAING KERIPIK SINGKONG CAP GERUS PRODUKSI UKM SUMEKAR PRATIWI KABUPATEN TUBAN Nizar Utami, Mohd. Harisudin, Setyowati. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Jl Ir Sutami No 36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp./ Fax. (0271) 637457 Email: Neyzarutamy17@gmail.com/ Telp:085801255193 Abstract : This research aim to assess the determinants of success of Cassava Chips Gerus, assess the competitive position of Cassava Chips Gerus, and formulate the alternative strategies for SME Sumekar Pratiwi in order to market their products. The basic method used in this research is descriptive analytic. Subject of this research is determined purposively. The data used in this study are primary and secondary data. This study used Competitive Profile Matrix (CPM) as its analysis data method. The result shows factors that determined the success of cassava chips Gerus. Based on CPM analytic, the product of cassava chips Gerus (3.116) occupies the second position in comparison to its competitors, namely cassava chips C (2.058) and cassava chips D (1.655). Cassava chips B (3,171) occupies the first position. Alternative competitive strategy that can be applied to the cassava chips is to promote the brand Gerus through sales-force promotion, conduct product positioning to create the image of quality products: that taste more savory, has the most recognized brands, more attractive label design and label information is more informative, and benchmark color, taste of the final product after the meal and set prices quantity discounts to final consumers. Key words: Cassava Chips, Competitive Profile Matrix, Competitive Strategy Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor penentu keberhasilan keripik singkong cap Gerus, mengkaji posisi bersaing keripik singkong cap Gerus, serta merumuskan alternatif strategi bersaing yang dapat diterapkan UKM Sumekar Pratiwi dalam pemasaran keripik singkong cap Gerus. Penelitian ini menggunakan metode dasar deskripsi analisis. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive (sengaja). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan Competitive Profile Matrix (CPM). Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor penentu keberhasilan keripik singkong cap gerus. Hasil analisis CPM keripik singkong cap Gerus (3,116) menempati posisi kedua dibandingkan dengan pesaingnya yaitu keripik singkong C (2,058) dan keripik singkong D (1,655). Keripik singkong B (3,171) berada pada posisi pertama. Alternatif strategi bersaing yang dapat diterapkan untuk keripik singkong cap Gerus adalah mempromosikan brand Gerus melalui kegiatan sales-force promotion, melakukan positioning produk dengan menciptakan citra produk berkualitas yaitu rasa yang lebih gurih, memiliki merek yang paling dikenal, desain label yang lebih menarik, serta informasi label yang lebih informatif, dan melakukan benchmark warna produk dan rasa akhir setelah makan serta menetapkan harga diskon kuantitas kepada konsumen akhir. Kata kunci: Keripik Singkong, Competitive Profile Matrix, Strategi Bersaing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 May 2017 03:34
    Last Modified: 31 May 2017 03:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33873

    Actions (login required)

    View Item