Penerapan Model Discovery Learning (DL) dengan Dukungan Hierarki Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis kelas XI IPA 1 SMA N Karangpandan Tahun Pelajaran 2016/2017

YULIATUN, LENY (2017) Penerapan Model Discovery Learning (DL) dengan Dukungan Hierarki Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis kelas XI IPA 1 SMA N Karangpandan Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (126Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Leny Yuliatun. K3313040. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DENGAN DUKUNGAN HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI IPA 1 SMA N KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan analisis siswa dengan menggunakan model Discovery Learning (DL) dengan dukungan hierarki konsep pada materi hidrolisis kelas XI IPA 1 SMA N Karangpandan, (2) prestasi belajar kimia menggunakan model Discovery Learning (DL) dengan dukungan hierarki konsep pada materi hidrolisis kelas XI IPA 1 SMA N Karangpandan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang yang dilakukan selama dua siklus. Pada setiap siklus mempunyai empat tahapan tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 40 siswa. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan guru dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa: (1) Penerapan model Discovery Learning (DL) dengan dukungan hierarki konsep dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi hidrolisis di kelas XI IPA 1 SMA N Karangpandan tahun pelajaran 2016/2017. Terlihat dari hasil pelaksanaan tindakan siklus I ketercapaian siswa dengan kategori kemampuan analisis tinggi dan sangat tinggi meningkat sebesar 12,5% dari 52,5% menjadi 65% pada siklus II. (2) Penerapan model Discovery Learning (DL) dengan dukungan hierarki konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis di kelas XI IPA 1 SMA N Karangpandan tahun pelajaran 2016/2017. Aspek kognitif siswa meningkat dari 57,5% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Ketercapaian aspek afektif pada siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 92,5% pada siklus II. Kata Kunci: Discovery Learning (DL), Hidrolisis, Kemampuan Analisis, Penelitian Tindakan Kelas, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 May 2017 11:56
    Last Modified: 30 May 2017 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33867

    Actions (login required)

    View Item