Hubungan Antara Kepuasan Gaji dan Beban Kerja Mental dengan Turnover Intention pada Karyawan di Toko Roti Ganep Surakarta

Natalia, Kristiana Desy (2017) Hubungan Antara Kepuasan Gaji dan Beban Kerja Mental dengan Turnover Intention pada Karyawan di Toko Roti Ganep Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (776Kb)

    Abstract

    HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN GAJI DAN BEBAN KERJA MENTAL DENGAN TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN DI TOKO ROTI GANEP SURAKARTA Kristiana Desy Natalia (G0113055) Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Persaingan dunia industri yang semakin ketat menuntut setiap organisasi untuk melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, yaitu karyawan. Kunci dari kesuksesan perusahaan adalah kualitas dari keryawannya. Karyawan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan dengan efektif. Sehingga strategi yang dilakukan perusahaan adalah memotivasi dan mempertahankan karyawan. Usaha yang dilakukan adalah dengan memperhatikan faktor-faktor yang menjadi penyebab keinginan karyawan untuk keluar (turnover intention), yaitu perihal kepuasan gaji dan beban kerja mental karyawan. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui hubungan antara kepuasan gaji dan beban kerja mental dengan turnover intention (2) mengetahui hubungan antara kepuasan gaji dengan turnover intention, dan (3) mengetahui hubungan antara beban kerja mental dengan turnover intention pada karyawan di toko roti Ganep Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi populasi, yaitu seluruh karyawan Ganep dijadikan subjek penelitian. Jumlah responden yang dapat dianalis pada penelitian ini adalah 61 karyawan. Instrumen yang digunakan adalah skala kepuasan gaji, skala beban kerja mental dan skala turnover intention. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung= 9,093 (p < 0,05) dan nilai R = 0,489. Nilai R2 = 0,239 yang menunjukkan sumbangan total efektif kepuasan gaji dan beban kerja mental dengan turnover intention sebesar 23,9%, dengan sumbangan efektif kepuasan gaji sebesar 15,58% dan sumbangan efektif beban kerja mental sebesar 8,2%. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan gaji dengan turnover intention (p < 0,05 ; rx1y = -0.394) dan terdapat hubungan signifikan pula antara beban kerja mental dengan turnover intention (p< 0,05; rx2y = 0,283). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara kepuasan gaji dan beban kerja mental dengan turnover intention. Semakin tinggi tingkat kepuasan karyawan, maka semakin rendah turnover intention. Selain itu, semakin tinggi tingkat beban kerja mental, maka semakin tinggi juga turnover intention, begitupula sebaliknya. Kata kunci: kepuasan gaji, beban kerja mental, turnover intention.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 May 2017 11:38
    Last Modified: 30 May 2017 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33865

    Actions (login required)

    View Item