Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Obyek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar)

Devy, Helln Angga (2017) Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Obyek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (328Kb)

    Abstract

    Helln Angga Devy. D0313032. “PENGEMBANGAN OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DI KABUPATEN KARANGANYAR” (Studi Kasus Obyek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar)”. Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan perkembangan dari Obyek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo yang dilihat dari sudut pandang pihak pengembang dan pihak wisatawan, faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat serta dampak yang ditimbulkan dalam pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Karanganyar. Teori yang digunakan adalah Teori Praktik Sosial dari Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan informan dan dokumen terkait. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan yang dilakukan di Obyek Wisata Air Terjun Jumog telah semakin meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan obyek wisata yang ditandai dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Obyek Wisata Air Terjun Jumog. Perkembangan yang terjadi di Obyek Wisata Air Terjun Jumog juga dibarengi dengan habitus masyarakat Dusun Berjo yang terlihat dari keikutsertaan mereka menjadi pelaku wisata dengan berjualan makanan di dalam kawasan wisata, mengelola lahan parkir maupun menjadi karyawan didalam Obyek Wisata Air Terjun Jumog dengan memanfaatkan modal ekonomi, modal sosial, modal budaya dan modal simbolik yang dimiliki. Keterlibatan masyarakat Dusun Berjo sebagai pelaku wisata di daerah mereka merupakan keputusan yang telah mereka pilih untuk dapat bertarung dan berjuang dalam ranah mereka untuk kemudian menghasilkan praktik-praktik yang dapat mendukung kegiatan pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat lokal. Kata Kunci: Praktik Sosial, Pengembangan, Pariwisata

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 May 2017 11:18
    Last Modified: 30 May 2017 11:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33861

    Actions (login required)

    View Item