PENGEMBANGAN MEDIA PETA SEJARAH BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SARANA SISWA BELAJAR MANDIRI

K, IMAM SATRIA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PETA SEJARAH BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SARANA SISWA BELAJAR MANDIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (872Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Imam Satria Kurniawan. S861502016, 2016. Pengembangan Media Peta Sejarah Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sarana Siswa Belajar Mandiri. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd; 2) Dr. Djono, M.Pd. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian pengembangan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Muara Sugihan kelas XI IPS, bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran sejarah saat ini; (2) mendeskripsikan pengembangan media peta sejarah berbasis macromedia flash sebagai sarana siswa belajar mandiri; (3) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran peta sejarah berbasis macromedia flash sebagai sarana siswa belajar mandiri. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan metode ADDIE dari Molenda yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisys, yakni menganalisis kebutuhan media pembelajaran; design , yakni mengumpulkan dan merancang media pembelajaran; development , yakni menyusun media pembelajaran menggunakan software macromedia flash, kemudian dilakukan pengujian produk secara internal; implementation, yakni menerapkan media dalam proses pembelajaran; dan evaluation , yakni menguji keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses belajar dan pembelajaran dengan metode ceramah dan belum mengunakaan media pembelajaran, dan masih mengunakan kurikulum KTSP; (2) penelitian dan pengembangan media pembelajaran yang dilakukan dengan mengikuti prosedur pengembangan model ADDIE, hasil validasi ahli memberikan nilai dengan kategori “baik”, uji coba satu-satu dilakukan dengan 3 siswa, dan uji coba kelompok kecil dilakukan dengan 5 sampel siswa, diperoleh nilai dengaan katagori baik. uji coba luas dengan satu kelas sebagai sampel dengan pemberian angket, memperoleh hasil; adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap belajar mandiri; (3) Hasil uji efektifitas kelas eksperimen dan kontrol dengan uji-t, diperoleh taraf signifikansi nilai post-test prestasi sebesar 0,05 dan 0,019 skor angket sikap mandiri, data tersebut menunjukan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,025 dengan demikian Ho ditolak yang artinya ada perbedaan positif dan signifikan. Kata Kunci: Pengembangan Media Peta Sejarah Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sarana Siswa Belajar Mandiri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 May 2017 11:18
    Last Modified: 30 May 2017 11:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33860

    Actions (login required)

    View Item