PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI 2 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017

FADHILAH, NUR (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI 2 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (282Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Fadhilah. PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI 2 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah–langkah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan di kelas V SD Negeri 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017; (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan di kelas V SD Negeri 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017; serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan di kelas V SD Negeri 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru, siswa dan dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, pedoman wawancara dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati dengan multimedia, (b) menanya, (c) mengumpulkan informasi dengan multimedia, (d) menalar, dan (e) mengomunikasikan; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan di kelas V SD Negeri 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Hal itu dibuktikan dengan perolehan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 36,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11%; (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) peralatan penunjang pembelajaran rusak, (b) guru kurang membimbing siswa dalam pembuatan kesimpulsn hasil diskusi kelompok, (c) siswa kurang aktif bertanya dan memberikan tanggapan, (d) siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah, dan (e) tanggapan siswa belum menyinggung isi diskusi. Adapun solusinya yaitu: (a) menggunakan peralatan yang tidak rusak, (b) guru mempelajari RPP, (c) guru mengaktifkan siswa, (d) guru membimbing siswa menyelesaikan masalah, dan (e) guru membimbing siswa dalam pemberian tanggapan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan di kelas V SD Negeri 2 Tamanwinangun. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Multimedia, Hasil Belajar IPS ABSTRACT Nur Fadhilah. THE USE OF SCIENTIFIC APPROACH USING MULTIMEDIA IN IMPROVING LEARNING OUTCOME ON IPS ABOUT EVENTS AND FIGURES OF PROCLAMATION AND INDEPENDENCE DAY FOR FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 2 TAMANWINANGUN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta, April 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of scientific approach using in improving learning outcome on IPS about events and figures of proclamation and independence day for fifth grade students of SD Negeri 2 tamanwinangun the academic year of 2016/2017; (2) to improve learning outcome on IPS about events and figures of proclamation and independence Day for fifth grade students of SD Negeri 2 tamanwinangun the academic year of 2016/2017; then (3) to describe obstacles and solutions to the use of scientific approach using in improving learning outcome on IPS about events and figures of proclamation and independence day for fifth grade students of SD Negeri 2 tamanwinangun the academic year of 2016/2017 This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within two cycles. Subjects of this research were students of fifth grade. The data were collected from the teacher, fifth-grade students, and documents. Techniques of collecting data were observation, interview, and test of students’ learning outcome. The validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using qualitative data analysis namely data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of scientific approach using multimedia, namely: (a) observing using multimedia, (b) asking, (c) gathering information using multimedia, (d) thinking logically, and (e) communicating the results; (2) the use of scientific approach using multimedia can improve learning outcome on IPS about events and figures of proclamation and independence day for fifth grade students of SD Negeri 2 tamanwinangun the academic year of 2016/2017; It was proven by the increase of students’ percentage of completeness 36,11% in cycle I, 86,11% in cycle II; (3) There were obstacles on the use of scientific approach using multimedia, namely: (a) broken learning tools, (b) teacher less guided students in drawing conclusion from group discussion results, (c) students were less active in asking question and giving answer, (d) students found it difficult to solve problems, and (e) students’ commentary did not meet the problem of discussion. There are some solutions, namely: (a) using unbroken tools, (b) teacher studied lesson plan, (c) teacher guided students to be more active, (d) teacher guided students to solve problems, and (e) teacher guided students in giving commentary. The conclusion of this research is the use of scientific approach using multimedia can improve learning outcome on IPS about events and figures of proclamation and Independence Day for fifth-grade students of SD Negeri 2 tamanwinangun the academic year of 2016/2017. Keywords: Scientific approach, Multimedia, learning outcomes, IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 29 May 2017 14:15
    Last Modified: 29 May 2017 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33846

    Actions (login required)

    View Item