PERAN PERSEPSI NILAI, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN PADA NIAT BELI PRODUK HIJAU

PUTRA, EKA WIDYARIKSA (2017) PERAN PERSEPSI NILAI, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN PADA NIAT BELI PRODUK HIJAU. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (763Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pengaruh Persepsi Nilai, Persepsi Risiko dan Kepercayaan pada Niat Beli Produk Hijau (Studi pada Niat Beli Kulkas Ramah Lingkungan di Surakarta) EKA WIDYARIKSA PUTRA F0210056 Isu pemanasan global menjadi topik yang menarik bagi pemasar dan masyarakat. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupan di masa mendatang. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan produk kulkas ramah lingkungan. Produsen tekhnologi dituntut untuk memberikan inovasi produk baru terkait pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, penting kiranya penelitian yang menguji secara empiris peran persepsi nilai, persepsi risiko, dan kepercayaan dalam membentuk niat beli konsumen produk kulkas ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling melibatkan sebanyak 150 responden masyarakat Surakarta yang memiliki pengetahuan tentang produk hijau khususnya kulkas serta berniat membeli produk kulkas ramah lingkungan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan software PLS 2.0. Hasil pengujian menunjukan secara empiris terbukti bahwa niat beli masyarakat Surakarta terhadap produk kulkas ramah lingkungan bisa dibentuk dengan rendahnya risiko yang ditimbulkan serta tingginya kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Sementara itu, nilai atau value pada produk kulkas ramah lingkungan yang dipersepsikan oleh masyarakat tidak serta merta membentuk niat beli terhadap produk kulkas ramah lingkungan. Kata Kunci : persepsi nilai, persepsi risiko, kepercayaan konsumen, dan niat beli produk ramah lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 29 May 2017 14:02
    Last Modified: 29 May 2017 14:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33843

    Actions (login required)

    View Item