ANALISIS PENERAPAN KETENTUAN PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (STUDI PUTUSAN NOMOR : 02/PID.SUS.ANAK/2015/PN.KRG)

Sari, Andani Maya (2017) ANALISIS PENERAPAN KETENTUAN PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (STUDI PUTUSAN NOMOR : 02/PID.SUS.ANAK/2015/PN.KRG). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (689Kb)

    Abstract

    Penelitian yang mengkaji mengenai penerapan ketentuan pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan. penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. dengan menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. menggunakan jenis data sekunder dengan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan teknik analisis data deduktif. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hakim dalam memutus perkara Nomor 02/pid.sus.anak/2015/PN.Krg sudah berpedoman pada KUHP dan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. namun dalam penerapan sanksi pidana selama 11 bulan ini dirasa kurang tepat karena terlalu ringan dan dengan waktu7 selama 11 bulan dirasa masih belum cukup untuk mendidik anak selama berada di tahanan. selain itu anak yang menjalani sanksi pidana penjara harus ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 10 May 2017 21:03
    Last Modified: 10 May 2017 21:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33838

    Actions (login required)

    View Item