Implementasi Nilai-Nilai Kepahlawanan R.A Kartini Dalam Pembelajaran IPS Di SMPS Kartini Mataloko

WOLLY, YOHANA KAROLINA (2017) Implementasi Nilai-Nilai Kepahlawanan R.A Kartini Dalam Pembelajaran IPS Di SMPS Kartini Mataloko. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2232Kb)

    Abstract

    Implementasi nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dimaksudkan untuk mengembangkan kualitas peserta didik dan pengembangan kepribadian. Sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam mata pelajaran IPS terutama pada materi Sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman guru terhadap nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini (2) perencanaan pembelajaran IPS yang dilakukan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai kepahlawanan R. A. Kartini di SMPS Kartini Mataloko, (3) implementasi nilai-nilai kepahlawanan R. A. Kartini dalam pembelajaran IPS di SMPS Kartini Mataloko, (4) proses evaluasi dalam pembelajaran IPS yang mengintegrasikan nilai-nilai kepahlawanan R. A Kartini di SMPS Kartini Mataloko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan penggunaan strategi studi kasus. Adapun jenis sumber data yang digunakan adalah informan, tempat serta arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara, mencatat arsip dan dokumen serta pengisian kuesioner. Selanjutnya teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dipahami sebagai nilai yang perlu diwariskan kepada generasi muda terkhusus remaja putri seperti semangat juangnya yang tinggi dalam memperjuangkan nasib kaum wanita. Nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini sangat dipamahami dengan baik oleh guru sehingga memudahkan guru dalam mentransfer nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini kepada peserta didik melalui pembelajaran. (2) perencanan terdiri dari persiapan administratif dan teknis. Integrasi nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dalam pembelajaran IPS terlihat dari dimasukannya materi ajar tentang R.A Kartini dan nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dalam silabus dan RPP. (3) pelaksanaan pembelajaran telah menerapkan nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dalam interaksi. Penerapan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab telah menunjukan upaya guru untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini. Kendala yang ditemui berupa sikap siswa, suasana pembelajaran, sarana prasarana dan alokasi waktu. (4) Berkaitan dengan masalah penelitian, evaluasi yang dilakukan guru dalam upaya mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini adalah dengan memberikan penugasan berupa portofolio. Selanjutnya evaluasi yang diberikan berupa ulangan harian dan penugasan, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Kata Kunci: Nilai-nilai kepahlawanan R. A. Kartini, Pembelajaran IPS

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 May 2017 15:38
    Last Modified: 10 May 2017 15:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33836

    Actions (login required)

    View Item