PENGARUH KOMITE-KOMITE PENUNJANG DEWAN KOMISARIS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015)

Puspitaningrum, Tantri (2017) PENGARUH KOMITE-KOMITE PENUNJANG DEWAN KOMISARIS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (983Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite-komite penunjang dewan komisaris terhadap agresivitas pajak. Komite-komite penunjang dewan komisaris terdiri dari komite audit, komite nominasi dan remunerasi, komite kebijakan risiko, serta komite kebijakan corporate governance yang seluruhnya diproksikan dengan menggunakan ukuran komite. Agresivitas pajak diproksikan dengan menggunakan Logaritma natural dari Book Tax Gap (BTG). Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Logaritma natural dari total aset (Ln SIZE). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 95 perusahaan manufaktur pada tahun 2011-2015. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komite audit, komite nominasi dan remunerasi, komite kebijakan corporate governance berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak, serta komite kebijakan risiko berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci: Komite-komite penunjang dewan komisaris, komite audit, komite nominasi dan remunerasi, komite kebijakan risiko, komite

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 May 2017 15:03
    Last Modified: 10 May 2017 15:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33831

    Actions (login required)

    View Item