EVALUASI KINERJA REPRODUKSI SAPI SIMMENTAL PERANAKAN ONGOLE (SIMPO) BERDASARKAN CALVING INTERVAL DI KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO

CANDRI, SINTHA TIARA (2017) EVALUASI KINERJA REPRODUKSI SAPI SIMMENTAL PERANAKAN ONGOLE (SIMPO) BERDASARKAN CALVING INTERVAL DI KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja reproduksi sapi SIMPO berdasarkan calving interval di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus sampai 20 September 2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pra survey dan tahap survey. Tahap pra survey dilakukan untuk menentukan lokasi penelitian dan menentukan jumlah sampel dan tahap survey dilakukan untuk mendapatkan data primer melalui wawancara langsung dengan responden. Penentuan lokasi penelitian ditentukan secara purposive sampling yaitu di Kecamatan Arjasa dengan pertimbangan bahwa daerah ini mempunyai populasi sapi potong tertinggi di Kabupaten Situbondo. Penentuan sampel peternak dilakukan dengan cara memilih peternak yang memiliki sapi SIMPO betina minimal 2 ekor dan pengalaman beternak minimal 1 tahun dengan jumlah sampel peternak 90 orang. Penentuan sampel ternak dilakukan secara purposive sampling yaitu ternak sapi SIMPO yang sudah beranak minimal satu kali, dan umur ternak minimal 1,5 tahun dengan jumlah 390 ekor. Pengambilan sampel inseminator dilakukan secara kebetulan (convenience sampling) yaitu cara pengambilan sampel dengan maksud atau tujuan sebagai data pendukung. Data yang dikumpulkan meliputi calving interval (CI), post partum estrus (PPE), post partum matting (PPM), masa sapih dan, service per conception (S/C). Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui persentase, rata - rata dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CI adalah 13,32 ± 0,94 bulan, PPE 45,75 ± 7,10 hari, PPM 77,65 ± 9,20 hari, masa sapih 4 ± 0 bulan dan S/C 1,62 ± 0,81. Data ini kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk memperoleh nilai r (koefisien regresi) tertinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa S/C memiliki hubungan tertinggi terhadap CI sapi SIMPO di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo, dengan persamaan regresi =11,716+0,986 X, dengan nilai r sebesar 0,859.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 May 2017 14:43
    Last Modified: 10 May 2017 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33827

    Actions (login required)

    View Item