Hubungan antara Self Monitoring dan Gaya Hidup Hedonis dengan Pembelian Impulsif terhadap Produk Fashion pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

Kamalia, Rizka (2017) Hubungan antara Self Monitoring dan Gaya Hidup Hedonis dengan Pembelian Impulsif terhadap Produk Fashion pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (703Kb)

    Abstract

    HUBUNGAN ANTARA SELF MONITORING DAN GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF TERHADAP PRODUK FASHION PADA MAHASISWI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET Rizka Kamalia (G0113088) Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Masa remaja merupakan periode transisi perkembangan antara masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang melibatkan banyak perubahan terutama pada remaja putri yang sangat memperhatikan perubahan yang dialami pada tubuh dan penampilannya. Salah satu hal penting yang mendukung presentasi remaja putri adalah fashion. Banyak individu saat ini yang menjadi sangat terobsesi pada fashion, sehingga menimbulkan terjadinya pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan antara self monitoring dan gaya hidup hedonis dengan pembelian impulsif terhadap produk fashion pada mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, (2) untuk mengetahui hubungan antara self monitoring dengan pembelian impulsif terhadap produk fashion pada mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, (3) untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup hedonis dengan pembelian impulsif terhadap produk fashion pada mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 88 mahasiswi. Instrumen yang digunakan adalah skala pembelian impulsif, self monitoring, dan gaya hidup hedonis. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan Fhitung 85,204 (p < 0,05) dan nilai R = 0,817. Berarti terdapat hubungan antara self monitoring dan gaya hidup hedonis dengan pembelian impulsif terhadap produk fashion. Nilai R2 = 0,667 menunjukkan sumbangan total efektif self monitoring dan gaya hidup hedonis sebesar 66,7%, dengan sumbangan efektif self monitoring sebesar 55,3% dan sumbangan efektif gaya hidup hedonis sebesar 11,4%. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara self monitoring dengan pembelian impulsif pada produk fashion (p < 0,05; rx1y = 0,785) dan terdapat hubungan signifikan pula antara gaya hidup hedonis dengan pembelian impulsif (p < 0,05; rx2y = 0,458). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara self monitoring dan gaya hidup hedonis dengan pembelian impulsif terhadap produk fashion pada mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Kata kunci: pembelian impulsif, self monitoring, gaya hidup hedonis, mahasiswi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 May 2017 14:33
    Last Modified: 10 May 2017 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33823

    Actions (login required)

    View Item