Implementasi Peningkatan Pelayanan PT TASPEN (PERSERO) KC Surakarta Melalui Mitra Bayar

HARDIANA, HUSNA (2017) Implementasi Peningkatan Pelayanan PT TASPEN (PERSERO) KC Surakarta Melalui Mitra Bayar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1503Kb)

    Abstract

    ABSTRAK IMPLEMENTASI PENINGKATAN PELAYANAN PT TASPEN (PERSERO) KC SURAKARTA MELALUI MITRA BAYAR HUSNA HARDIANA F3614055 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan pelayanan yang nyaman dan menyenangkan bagi pensiunan di mitra bayar (2) mengetahui penerapan Layanan Kunjungan Nasabah (LKN) yang dilaksanakan oleh mitra bayar (3) mengetahui pemberian layanan kredit pensiun dari mitra bayar kepada pensiunan. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengamatan langsung pada PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Surakarta yang berlokasi di Jalan Veteran No. 305, Surakarta. Pengumpulan data dilakukan selama melaksanakan program magang. Data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pegawai PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Surakarta dan pensiunan. Selain itu untuk melengkapi penelitian tugas akhir ini, penulis mencari sumber lain dari media informasi yang dimiliki PT TASPEN (PERSERO), undang-undang, dan referensi buku di perpustakaan pusat, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peningkatan pelayanan yang nyaman dan menyenangkan bagi pensiunan di mitra bayar adalah diberikannya fasilitas seperti pemeriksaan kesehatan gratis, layanan sarapan jajanan pasar gratis pada waktu pembayaran pensiun kepada peserta Taspen, hiburan dari dan untuk pensiunan, serta kunjungan pegawai mitra bayar ketika pensiunan berhalangan. Selain itu layanan yang diberikan mitra bayar terkait pembiayaan kredit adalah mengeluarkan produk kredit khusus untuk pensiunan dengan persyaratan yang ramah pensiunan, (2) penerapan Layanan Kunjungan Nasabah (LKN) yang dilaksanakan oleh mitra bayar masih belum maksimal. Pasalnya dari tenggat 3 bulan pensiunan yang tidak melakukan otentikasi, masih ada mitra bayar yang belum melakukan Layanan Kunjungan Nasabah (LKN), dan (3) pemberian kredit pensiun oleh mitra bayar di Kota Solo pada kasus mitra bayar perbankan dengan kode 2 sudah sesuai dengan kesepakatan antara Mitra Bayar dengan PT TASPEN (PERSERO) yang membatasi nilai angsuran pokok tidak lebih dari 70% dari gaji pensiunan. Kata Kunci : Pelayanan, Mitra Bayar, PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 May 2017 14:00
    Last Modified: 10 May 2017 14:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33814

    Actions (login required)

    View Item