Isolasi dan Identifikasi Bakteri Filosfer Padi Antagonis Xanthomonas oryzae pv. oryzae Penyebab Hawar Daun Bakteri Tanaman Padi (Oryza sativa)

AGNITA, HANNA KARUNIA (2017) Isolasi dan Identifikasi Bakteri Filosfer Padi Antagonis Xanthomonas oryzae pv. oryzae Penyebab Hawar Daun Bakteri Tanaman Padi (Oryza sativa). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (159Kb)

    Abstract

    ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI FILOSFER PADI ANTAGONIS Xanthomonas oryzae pv. oryzae PENYEBAB HAWAR DAUN BAKTERI TANAMAN PADI (Oryza sativa) Hanna Karunia Agnita Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta ABSTRAK Penyakit hawar daun bakteri (HDB) yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) umum menyerang tanaman padi dan menyebabkan kerugian hasil pertanian. Bakteri filosfer di dalam jaringan tanaman sehat dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen dengan menghasilkan senyawa bioaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri filosfer padi, menguji aktivitasnya untuk menghambat patogen Xoo, dan mengidentifikasi isolat antagonis sebagai penelitian awal untuk pengembangan agen pengendali hayati penyakit HDB. Bakteri filosfer diisolasi dari sampel daun padi tanaman sehat diantara tanaman terinfeksi HDB di Kabupaten Sukoharjo, Boyolali, dan Wonogiri dengan metode spread plate pada media Actinomycetes agar. Uji antagonis terhadap Xoo menggunakan metode plug agar dan zona hambat yang terbentuk diukur. Karakter morfologi sel bakteri filosfer antagonis ditentukan dengan pewarnaan Gram, identitas bakteri ditentukan dengan analisis sekuen gen 16S rRNA. Dari 42 isolat bakteri filosfer, 9 isolat mampu menghambat Xoo dengan kategori lemah, yang ditunjukkan dengan zona bening di sekitar koloni isolat dengan zona hambat terbesar 7,4 mm yang tampak jelas. Bakteri filosfer antagonis Xoo yang diperoleh berdasarkan analisis BLASTN memiliki kemiripan sebesar 96% dan 95% (isolat A12 dan G6) yang mengindikasikan bahwa strain-strain tersebut merupakan spesies baru yang mirip dengan masing-masing Pseudomonas sp. dan Bacillus amyloliquefaciens, isolat A26 dan A28 merupakan Pseudomonas sp. dengan kemiripan 97%, isolat H6 merupakan Bacillus sp. dengan kemiripan 99% dan isolat E1, E3, H7, H9 merupakan Microbacterium sp. dengan kemiripan masing-masing 98% dan 97%. Kata kunci: bakteri filosfer, Xoo, antagonis, 16S rRNA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 May 2017 13:58
    Last Modified: 10 May 2017 13:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33813

    Actions (login required)

    View Item