SISTEM PENYIMPANAN ARSIP ELEKTRONIK MENGGUNAKAN ELOenterprise DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG SURAKARTA

SARI, INTAN PERMATA (2017) SISTEM PENYIMPANAN ARSIP ELEKTRONIK MENGGUNAKAN ELOenterprise DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (197Kb)

    Abstract

    ABSTRAK INTAN PERMATA SARI. D1514053. “SISTEM PENYIMPANAN ARSIP ELEKTRONIK MENGGUNAKAN ELOenterprise DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG SURAKARTA”. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2017. 54 Halaman. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi perusahaan dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut. Dalam hal ini sistem penyimpanan arsip secara komputerisasi sangatlah penting terutama pada perusahaan yang mempunyai kapasitas arsip yang tinggi. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Surakarta menerapkan sistem kearsipan elektronik dengan menggunakan sistem ELOenterprise. Penerapan sistem ini sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan pegawai dalam pencarian arsip, pendistribusian arsip dan waktu yang lebih efisien. Penulisan Tugas Akhir ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan Sistem Penyimpanan Arsip Elektronik menggunakan ELOenterprise di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Surakarta. Jenis Pengamatan yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu dengan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi berperan aktif, mengkaji dokumen dan arsip. Hasil dari pengamatan mendeskripsikan bahwa sistem penyimpanan arsip elektronik menggunakan ELOenterprise pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Surakarta menggunakan fitur-fitur seperti : 1) membuat dokumen yang dilakukan dengan cara scanning. 2) sistem keamanan dengan menggunakan 1 (satu) user administrator. 3) pengelolaan arsip dilakukan dengan menginput dokumen dan pencarian dilakukan dengan menggunakan kata tangkap. 4) pendistribusian arsip dilakukan dengan hanya membaca arsip, mencetak, dan menyimpan. Kelemahan pada sistem ELOenterprise ini adalah tidak adanya keterangan mengenai nomor box dan rak sehingga dalam pencarian fisik arsip lebih sulit serta dalam scanning warna pada dokumen lebih lama karena file warna yang terlalu besar. Kata Kunci : ELOenterprise, Sistem Penyimpanan Arsip Elektronik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 May 2017 14:49
    Last Modified: 09 May 2017 14:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33794

    Actions (login required)

    View Item