PERMOHONAN KASASI TERDAKWA TERHADAP PUTUSANPIDANA BERSYARAT PENGADILAN MILITER UTAMA DAN 4PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA DESERSIDALAM WAKTU DAMAI (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR121K/MIL/2015)

GASAGA, ANGGA (2017) PERMOHONAN KASASI TERDAKWA TERHADAP PUTUSANPIDANA BERSYARAT PENGADILAN MILITER UTAMA DAN 4PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA DESERSIDALAM WAKTU DAMAI (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR121K/MIL/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (432Kb)

    Abstract

    Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pengajuan kasasi atas dasar judexfacti salah menerapkan hukum dalam perkara Disersi oleh anggota militer dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer. Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Kasus kesusilaan yangdilakukan oleh Letkol Chk Adam PAnto, SH yang merupakan anggota militer telah diputusdengan Putusan Pengadilan Militer III Surabaya Nomor 15-K/PMT-III/AD/III/2013 denganmenjatuhkan hukuman pidan penjara 1(satu) bulan. Terhadap putusan tersebut diajukanbanding yang kemudian diputus dengan Putusan Pengadilan Militer Utama Bandung Nomor :04-K/PMU/BDG/AD/II/2014 yang isinya Mengubah masa pidana penjara dari putusanPengadilan Militer Tinggi menjadi 2(dua) bulan untuk pidana penjara. Terdakwa kemudianmengajukan permohonan kasasi terhadap putusan tersebut dengan alasan judex facti terlalusederhana dalam menerapkan hokum yaitu tidak mempertimbangkan alasan keterlambatanTerdakwa. Pengajuan kasasi oleh Terdakwa tersebut diterima oleh Mahkamah Agung denganPutusan Mahkamah Agung Nomor 121K/MIL/2015 yang membatalkan putusan sebelumnya.Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan pengajuan kasasi atas dasar bahwa hakim salahmenerapkan hukum telah sesuai dengan ketentuan Pasal 239 huruf (a) Undang-Undang Nomor31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer yang berbunyi apakah benar suatu peraturan tidakditerapkan atau diterapkan tidak sebagaimana mestinya. Sehingga pengajuan kasasi atas dasarjudex facti menerapkan hokum tidak sebagaimana mestinya dapat diterima. Kata Kunci : Kasasi, Disersi, Anggota Militer

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 May 2017 14:10
    Last Modified: 09 May 2017 14:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33781

    Actions (login required)

    View Item