PENGARUH ASURANSI PERTANIAN TERHADAP MORAL HAZARD PETANI (Studi Kasus Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar)

Rosalia, Amelia Choya Tia (2017) PENGARUH ASURANSI PERTANIAN TERHADAP MORAL HAZARD PETANI (Studi Kasus Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2626Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asuransi pertanian terhadap moral hazard petani. Penelitian dilakukan di Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Sampel penelitian ini adalah 80 orang petani di Desa Macanan, 34 orang adalah petani yang mengikuti asuransi pertanian dan 46 orang petani adalah yang tidak mengikuti asuransi pertanian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan model regresi linear berganda yang diolah menggunakan perangkat lunak Eviews 8.0. Hasil uji F dengan α = 5% menunjukkan semua variabel yaitu luas lahan, lama bertani, usia, pendapatan, lama belajar dan keikutsertaan petani pada AUTP berpengaruh terhadap biaya produksi pertanian. Hasil uji t dengan α = 5% menunjukkan bahwa variabel lama bertani dan lama belajar tidak berpengaruh terhdap biaya produksi. Sedangankan variabel luas lahan, usia dan pendapatan berpengaruh positif terhadap biaya produksi pertanian sebagai variabel moral hazard. Kata kunci: Asuransi pertanian, moral hazard, biaya produksi, manajemen risiko

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 May 2017 14:06
    Last Modified: 09 May 2017 14:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33780

    Actions (login required)

    View Item