penggunaan model time token arends dan multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 01 Sringin Tahun Ajaran 2015/2016

KURNIANTO, SEPTIAN (2017) penggunaan model time token arends dan multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 01 Sringin Tahun Ajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (432Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Septian Kurnianto. ”Penggunaan Model Time Token Arends dan Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Sringin Tahun Ajaran 2015/2016. Tesis, Surakarta: Progam Pascasarjana Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Maret 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tiga aspek. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran, motivasi belajar, dan keterampilan berbicara. Peningkatan tersebut dilakukan pada siswa kelas V SDN 01 Sringin Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Sringin yang berjumlah 16 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran, motivasi belajar, dan keterampilan berbicara. Hasil penelitian diperoleh data bahwa pada pratindakan nilai rata-rata proses pembelajaran hanya mencapai 54,75%, meningkat menjadi 75,5% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 85,25% pada siklus II, dan meningkat menjadi 94,5% pada siklus III. Motivasi belajar juga meningkat yaitu pada pratindakan hanya 43,75% atau 7 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, meningkat pada siklus I mencapai 81,25% atau 13 siswa, pada siklus II meningkat menjadi 87,5% atau 14 siswa, dan pada siklus III meningkat menjadi 100% atau 16 siswa. Keterampilan berbicara siswa juga meningkat dari nilai pratindakan hanya mencapai 37,5% atau 6 siswa, meningkat menjadi 62,5% atau 10 siswa pada siklus I, meningkat menjadi 75% atau 12 siswa pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 87,5% atau 14 siswa pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model time token arends dan multimedia berhasil dilaksanakan. Simpulan penelitian ini bahwa model time token arends dan multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar, kualitas proses pembelajaran, dan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sringin Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: time token arends, multimedia, kualitas proses pembelajaran, motivasi belajar, keterampilan berbicara

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 May 2017 13:38
    Last Modified: 09 May 2017 13:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33776

    Actions (login required)

    View Item