Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Produk Susu Kalimilk di Yogyakarta

AFRIYANI, NOVI (2017) Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Produk Susu Kalimilk di Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (489Kb)

    Abstract

    ANALISIS PENGARUH FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PADA PRODUK SUSU KALIMILK DI YOGYAKARTA Novi Afriyani1, Minar Ferichani2, Mei Tri Sundari3 Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jl.Ir.Sutami No.36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp./Fax (0271) 637457 Email: noviafriyaninop@gmail.com/Telp: 085742169379 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dan variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk susu Kalimilk di Yogyakarta. Metode dasar penelitian ini adalah deskripsi analisis. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu store utama Kalimilk di di jalan Kaliurang Km. 4.5 Yogyakarta. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel ditetapkan adalah sebanyak 96 responden dengan menggunakan rumus untuk besaran populasi yang tidak diketahui besarnya. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa dari 14 variabel yang dianalisis dapat disederhanakan menjadi 13 variabel dan tercakup dalam 3 faktor inti. Faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor kesesuaian produk yaitu dengan persentase varians sebesar 49,023%, faktor harga dengan nilai persentase varians sebesar 12,450%, dan faktor promosi yang memiliki nilai persentase varians sebesar 8,585%. Sedangkan variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian ulang produk susu Kalimilk Yogyakarta dari masing-masing faktor inti yang terbentuk yaitu variabel keterjangkauan harga dari faktor kesesuaian produk, variabel kenyamanan tempat dari faktor tempat, dan variabel bonus dari faktor Promosi. Variabel dominan untuk keseluruhan variabel yang di teliti berdasarkan besarnya nilai faktor loading semua variabel adalah variabel bonus dengan nilai factor loading 0,876 variabel keterjangkauan harga dengan nilai factor loading 0,860, dan variabel media sosial dengan nilai factor loading sebesar 0,858. Kata Kunci: Analisis Faktor, Faktor Bauran Pemasaran, Kalimilk, Keputusan Pembelian Ulang, Susu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 May 2017 13:19
    Last Modified: 09 May 2017 13:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33773

    Actions (login required)

    View Item