Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu

NUGROHO, DEDY AGUNG (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (949Kb)

    Abstract

    Dedy Agung Nugroho. A121508015. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Melempar dan Menangkap Bola Pada Siswa Kelas III SDLB-B SLB Negeri Se-Karesidenan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Tesis, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing (1) Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd (2) Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. Latar belakang penelitian adalah hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menagkap bola yang belum baik dan belum adanya media pembelajaran secara khusus yang diberikan untuk siswa kelas III SDLB-B (tunarungu) di Karesidenan Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah melaksanakan dan mengetahui hasil analisis kebutuhan dan mengembangkan produk awal, melaksanakan dan mengetahui uji ahli dan uji lapangan, dan melaksanakan uji efektifitas produk untuk mengetahui hasil uji keefektifan media pembelajaran berbasis visual untuk peningkatan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menagkap bola pada siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri Karesidenan Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “metode penelitian pengembangan, (Research and Development)” yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, peneliti mengadaptasi prosedur penelitian menjadi tiga tahap yaitu: tahap 1 pendahuluan, tahap 2 uji coba produk, dan tahap 3 uji efektifitas produk. Hasil tahap pertama pendahuluan adalah analisis kebutuhan dengan wawancara dan observasi, penguasaan gerak dasar manipulatif melempar dan menagkap bola yang masih rendah dan belum ada media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa berkebutuhan khusus tunarungu. Pembelajaran gerak dasar manipulatif melempar dan menagkap bola sudah diberikan namun masih banyak siswa belum dapat mencapai nilai batas ketuntasan (KKM = 75). Pengembangan produk dengan penyajian sebagai berikut bab I pembelajaran pendahuluan, bab II pembelajaran inti (gerak dasar manipulatif melempar dan menagkap bola), bab III penutup. Tahap kedua adalah uji coba produk. Uji coba yang pertama adalah uji coba ahli dengan melibatkan ahli akademisi media pembelajaran pendidikan jasmani dengan 37 butir pertanyaan dan ahli akademisi pendidikan pada anak berkebutuhan khusus tunarungu dengan 35 butir pertanyaan dengan hasil 83,8% dan dapat di interpretasikan bahwa rancangan produk bisa diuji cobakan pada tahap selanjutnya. Uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek 4 siswa dan 1 (satu) guru pendidikan jasmani dengan mengidntifikasi nilai ketuntasan siswa dan penilaian menggunakan instrument angket dengan jumlah 5 pertanyaan pada siswa dan 45 pertanyaan pada guru pendidikan jasmani. Hasil uji kelompok kecil adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada pra siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 50%, siklus I meningkat menjadi 75% dan siklus II meningkat menjadi 100% (semua tuntas) dan 83,1% dari penilaian instrumen angket. Hasil uji coba kelompok besar dengan jumlah subjek 9 siswa dan 4 guru pendidikan jasmani adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada rea siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 44,4%, siklus I meningkat menjadi 66,6%, dan siklus II meninggkat menjadi 88,8% atau 11,1% siswa belum mencapai kreteria tuntas, dan hasil 86% dari penilaian instrumen angket. Tahap ketiga adalah uji efektivitas produk dengan membandingkan dua kelompok, satu kelompok diberi perlakuan produk pengembangan dan kelompok lain diberi perlakuan secara konvensional. Pada uji efektivitas didapat hasil thitung = 2,37 dan ttabel= 1,86. Maka thitung > ttabel, maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, prestasi hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Kesimpulan akhir dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis visual terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri Se-Karesidenan Surakarta Tahun Ajaran 2016/ 2017. Kata Kunci : Gerak Dasar Manipulatif Melempar Dan Menagkap Bola, Media Pembelajaran Berbasis Visual, Penelitian Pengembangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 May 2017 13:10
    Last Modified: 09 May 2017 13:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33771

    Actions (login required)

    View Item