Strategi Pemasaran Paket Wisata di Biro Perjalanan Electra Wisata Surakarta

MARSHA H, GABRIEVA (2017) Strategi Pemasaran Paket Wisata di Biro Perjalanan Electra Wisata Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (555Kb)

    Abstract

    Gabrieva Marsha Hutagaol, C9413024. 2016.Strategi Pemasaran Paket Wisata Di Biro Perjalanan Electra Wisata Surakarta. Program Pendidikan Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas MaretSurakarta. Tugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan tentang strategi pemasaran paket wisata di Biro Perjalanan Electra Wisatadalam: 1) upaya untuk memasarkan dan menjual produk paket wisatanya kepada konsumen, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat peningkatan jumlah pelanggan. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas bahwa strategi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan peranan dan upayanya meningkatkan jumlah pelanggan untuk kelancaran Biro Perjalanan, maka dapat dirumuskan 1) Produk jasa apa saja yang ditawarkan di Biro Perjalanan Electra 2) Bagaimana strategi pemasaran paket wisata yang dimiliki Biro Perjalanan Electra 3) Kendala apa saja yang dihadapi Biro Perjalanan Electra dalam meningkatkan produksinya serta cara mengatasi masalah tersebut 4) Upaya untuk meningkatkan jumlah pelanggan di Biro Perjalanan Electra Wisata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam laporan ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka serta studi dokumentasi terkumpul, sehingga diperoleh data data yang akurat mengenai strategi sampai upaya peningkatan jumlah pelanggan. Hasil penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Jasa pelayanan yang ditawarkan meliputi: jasa pemesanan hotel, jasa pembuatan paket wisata, jasa transportasi, jasa restoran.2) strategi pemasaran yaitu melalui saluran distribusi yang terdiri dari cara langsung dan melalui biro lain sedangkan untuk promosi meliputi door to door, advertising, brosur, leaflet, personal selling, website dan sales promotion. 3) Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produknya yaitu persaingan antar biro perjalanan lain, bersaing dengan penyedia jasa online, faktor ekonomi, serta faktor keamanan negara. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa dengan adanya strategi pemasaran langsung maupun tidak langsung dengan cara pendekatan terhadap calon konsumen, melalui media sosial maupun media yang lain, Biro Perjalanan Electra Wisata berhasil bertahan dan tetap mempunyai pelanggan di era yang semakin maju ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan respon yang baik dari masyarakat serta masih adanya pelanggan setia yang masih menggunakan jasa Biro Perjalanan Electra Wisata Surakarta. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Paket Wisata,Electra Wisata,Biro Perjalanan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 08 May 2017 10:02
    Last Modified: 08 May 2017 10:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33758

    Actions (login required)

    View Item