PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN COMPUTER ASED TEST (CBT) DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN DI SMK KABUPATEN KARANGANYAR

MURNIATI, EVI (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN COMPUTER ASED TEST (CBT) DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN DI SMK KABUPATEN KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (41Kb)

    Abstract

    EviMurniati. 2016. Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) dalam rangka meningkatkan hasil belajar Kearsipan di SMK Kabupaten Karanganyar. TESIS. Pembimbing: Prof.Dr.Siswandari,M.Stats. Kopembimbing: Dr.Wiedy Murtini, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) pada siswa kelas XIAP di SMK Swasta Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016, 2) menguji keefektifan instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) untuk meningkatkan hasil belajar di SMK Swasta Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) ini mengambil populasi SMK Swasta Kabupaten Karanganyar, dengan sampling SMK Swasta Program Keahlian Administrasi Perkantoran sejumlah 257 siswa, teknik sampling purposive sampling, kelas XI AP-2 SMK Muhammadiyah 2 sebagai eksperiment dan kelas XI AP SMK Bhakti Karya sebagai kelas control, dan menggunakan prosedur penelitian pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri dari 9 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba terbatas, 7) revisi produk, 8) uji coba lebih luas, 9) final produk. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan instrumen penilaian CBT berdasarkan skor kriteria, dan analisis hasil belajar siswa menggunakan t-test. Hasil penelitian instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) berdasarkan hasil analisis deskriptif disimpulkan bahwa validasi ahli media diperoleh persentase penilaian 87,18 dengan kriteria sangat baik, ahli materi dengan persentase penilaian 90,48 dengan kriteria sangat baik, ahli evaluasi dengan presentasi 75,00 dengan kriteria baik dan oleh ahli praktisi diperoleh persentase penilaian 87,50 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan thitung = 5,631>ttabel= 2,000 , dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti peningkatan nilai hasil belajar kearsipan kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai kelas control, sebesar 11,53 point. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran kearsipan menggunakan Computer Based Test (CBT) lebih meningkatkan hasil belajar kearsipan siswa dibandingkan tanpa menggunakan instrumen evaluasi pembelajaran Computer Based Test (CBT). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) layak digunakan dan instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Kata kunci: pengembangan, instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT), hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 08 May 2017 09:30
    Last Modified: 08 May 2017 09:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33755

    Actions (login required)

    View Item