KAJIAN SOSIO-EKONOMI IMPLIKASI PERILAKU HEDONISME DI INDONESIA

AFIYATIRRAHMAH, NUR (2017) KAJIAN SOSIO-EKONOMI IMPLIKASI PERILAKU HEDONISME DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    ABSTRAK KAJIAN SOSIO-EKONOMI IMPLIKASI PERILAKU HEDONISME DI INDONESIA NUR AFIYATIRRAHMAH F0112069 Hedonisme merupakan istilah yang cukup sering muncul di kalangan masyarakat. Istilah ini banyak menimbulkan pro dan kontra mengenai makna yang terkandung pada istilah tersebut. Masyarakat memiliki pandangannya masing-masing mengenai hedonisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana masyarakat memahami pengertian hedonisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari. Masyarakat juga paham atau tidak bahwa beberapa dari mereka tidak menyadari bahwa mereka juga hedonis. Masyarakat memiliki persepsi khusus dalam pertemanan terlepas dari status Hedonis maupun tidak. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui apakah media sosial memiliki peran dalam mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat. Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data adalah penyebaran kuesioner online terhadap 29 informan yang berasal dari kota-kota di Jawa yang dimbil secara acak dan dipilih baik yang berasal dari kota besar maupun kota kecil. Informan tersebut nantinya menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hedonisme, media sosial, dan tingkat konsumsi dimana hal-hal tersebut menjadi faktor yang mempengaruhi hasil penelitian. Hasil dari pembahasan penelitian masyarakat mengetahui makna dari hedonisme dan bersesuaian dengan literatur yang ada. Sebagian informan tidak menyadari bahwa mereka juga seorang hedonis dilihat dari tingkat konsumsi mereka. Hedonisme juga dapat memicu ketidak rukunan dalam bermasyarakat jika hedonis memiliki persepsi khusus dalam berteman walau seorang hedonis belum tentu memiliki persepsi khusus dalam pertemanan. Media sosial juga dapat meningkatkan konsumerisme seseorang dan memicu terjadinya hedonisme dalam bentuk menghambur-hamburkan uang. Kata kunci: kualitatif, tanggapan hedonis, analisis hedonis, pengaruh hedonis dalam pertemanan, pengaruh media sosial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 05 May 2017 11:07
    Last Modified: 05 May 2017 11:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33745

    Actions (login required)

    View Item