Perbedaan tingkat pemahaman karir siswa antara siswa jurusan matematika ilmu alam (MIA) dan ilmu-lmu sosial (IIS) di SMA Negeri 1 Sukaharjo

IMANULLOH, JOHAN (2017) Perbedaan tingkat pemahaman karir siswa antara siswa jurusan matematika ilmu alam (MIA) dan ilmu-lmu sosial (IIS) di SMA Negeri 1 Sukaharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (359Kb)

    Abstract

    Johan Imanulloh, PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN KARIR ANTARA SISWA KELAS XI JURUSAN MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA) DAN ILMU ILMU SOSIAL (IIS) DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman karir siswa kelas XI jurusan MIA dan IIS dan dapat mengetahui perbedaan pemahaman karir antara jurusan MIA dan IIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian descriptive comparative Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan MIA sejumlah 66 siswa dan siswa IIS sejumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket pemahaman karir yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini yang bersifat empirik dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample Test melalui aplikasi SPSS Statsitics 16. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa p value (sig) 0.000 < 0.05 diperkuat dengan hasil yang menunjukkan bahwa thitung >ttabel , sehingga 7.826 > 1.656. sehingga ada perbedaan pemahaman karir antara kelas IIS dan MIA kelas 11 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017, yakni siswa IIS lebih besar tingkat pemahaman karirnya daripada siswa MIA. Rekomendasi bagi konselor sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu pertimbangan untuk membantu meningkatkan pemahaman karir. Kata kunci: Pemahaman karir, Pemahaman karir Siswa Matematika Ilmu Alam (MIA), Pemahaman karir Siswa Ilmu Ilmu Sosial (IIS).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 05 May 2017 10:59
    Last Modified: 05 May 2017 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33742

    Actions (login required)

    View Item