ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MENJATUHKAN PIDANA SESUAI TUNTUTAN TERHADAP TERDAKWA PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DIIKUTI PENCURIAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 24K/Pid/2016)

Rachmadani, Herlina Elza (2017) ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MENJATUHKAN PIDANA SESUAI TUNTUTAN TERHADAP TERDAKWA PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DIIKUTI PENCURIAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 24K/Pid/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1064Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai apakah alasan permohonan kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum mengenai keberatan terhadap kurangnya Judex Factie telah salah menerapkan hukum atau menerapkan hukum tidak sebagaimana mestinya sehingga Judex Factie kurang cermat dalam menjatuhkan pidana terkait terbuktinya tindak pidana pembunuhan diikuti pencurian dengan fakta-fakta yang telah terbukti dalam persidangan sudah sesuai dengan Pasal 253 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981. Dan apakah Pertimbangan Mahkamah Agung telah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Sumber data diperoleh dari bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah studi kasus (case research). Bahan hukum yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode silogisme deduktif Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengenai alasan pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum bahwa Judex Factie (Pengadilan Tinggi) salah dalam menerapkan hukum tidak mempertimbangkan unsur pasal pembunuhan berencana dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 791K/PID/2014 telah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP. Pertimbangan hukum Majelis Hakim dalam memeriksa permohonan kasasi Penuntut Umum dikabulkan; membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Surabaya Nomor : 545/PID/ 2015/PT.SBY tanggal 12 November 2015 yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Tuban Nomor : 192/Pid.B/2015/PN.Tbn tanggal 25 Agustus 2015; menyatakan terdakwa bersalah menjatuhkan pidana penjara selama 20 (dua puluh) tahun dalam pemeriksaan perkara pembunuhan diikuti pencurian telah sesuai dengan ketentuan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci: Kasasi, Peritimbangan Hakim, Pembunuhan Diikuti Pencurian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 05 May 2017 10:50
    Last Modified: 05 May 2017 10:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33739

    Actions (login required)

    View Item