ARGUMENTASI PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PIDANA BERSYARAT TANPA MEMPERTIMBANGKAN KERUGIAN MATERIIL KORBAN DALAM PERKARA TURUT SERTA MELAKUKAN PENGRUSAKAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 255 K/Pid/2015)

LAKSANA, FAUZI (2017) ARGUMENTASI PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PIDANA BERSYARAT TANPA MEMPERTIMBANGKAN KERUGIAN MATERIIL KORBAN DALAM PERKARA TURUT SERTA MELAKUKAN PENGRUSAKAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 255 K/Pid/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (480Kb)

    Abstract

    Penelitian hukum ini mempunyai dua tujuan yaitu yang pertama tujuan objektif yaitu untuk mengetahui kesesuaian argumentasi permohonan kasasi yang di ajukanolehpenuntut umum terhadap putusan pidana bersyarat tanpa mempertimbangkan kerugian materiil korban dan pertimbangan Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum serta menjatuhkan pidana dengan syarat khusus membayar uang ganti rugi kepada korban dalam perkara turut serta melakukan pengrusakan dengan KUHAP dan KUHP. Yang kedua tujuan subyetif yaitu mengumpulkan dan mengolah bahan hukum yang diperlukan guna penulisan serta menambah pengetahuan bagi penulis dalam penelitian hukum. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Sumber penelitian yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Dengan pendekatan kasus maka pengumpulan bahan hukum yang utama adalah dengan mengumpulkan putusan-putusan pengadilan mengenai isu hukum yang dihadapi dan menggunakan teknik analisis dengan metode deduktif silogisme. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dasar argumentasi permohonan kasasi oleh Penuntut Umum terhadap perkara turut serta dalam pengerusakan dalam putusan Mahkamah Agung Nomor: 255 K/Pid/2015 adalah Pengadilan Tinggi Medan telah salah menerapkan Judex factie seharusnya, seharusnya Pengadilan Tinggi Medan mempertimbangkan fakta materiil dalam persidangan. Alasan permohonan kasasi Penuntut Umum tersebut telah sesuai dengan ketentuan KUHAP. Alasan kasasi yang dapat dilakukan oleh Penuntut Umum yang dibenarkan oleh undang-undang adalah Pasal 253 ayat (1) huruf KUHAP,dengan demikian permohonan kasasi beserta alasan-alasan Jaksa Penuntut Umum ini secara formal telah dapat diterima. Sehingga Hakim Mahkamah Agung berhak memeriksa perkara tersebut, memberikan pertimbangan terhadap alasan permohonan kasasi, dan kemudian menjatuhkan putusan terhadap permohonan kasasi itu. Oleh pertimbangan Hakim Mahkamah Agung maka putusan Pengadilan Tinggi Medan yang memperkuat putusan Pengadilan Negeri Sidikalang tersebut dibatalkan sesuai dengan ketentuan Pasal 256 KUHAP. Kata Kunci : Kasasi, Putusan, Jaksa Penuntut Umum, Turut Serta Melakukan Pengerusakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 05 May 2017 10:44
    Last Modified: 05 May 2017 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33737

    Actions (login required)

    View Item