PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN OLEH ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA BALITA (Studi Fenomenologi Perilaku Pencarian Pengobatan Oleh Orang Tua Dengan Anak Usia Balita di Desa Karanggedang, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas)

KURNIAWAN, AGUNG (2017) PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN OLEH ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA BALITA (Studi Fenomenologi Perilaku Pencarian Pengobatan Oleh Orang Tua Dengan Anak Usia Balita di Desa Karanggedang, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (397Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Menurut UNICEF Indonesia, setiap tiga menit satu anak meninggal dunia sebelum ulang tahun ke lima karena fasilitas kesehatan yang belum merata dan perilaku pencarian pengobatan yang dilakukan oleh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku pencarian pengobatan oleh orang tua yang memiliki anak usia balita dengan memperhatikan dimensi resources, thought and feeling, culture, dan personal references dengan teori tindakan sosial Talcott Parsons. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini dilakukan di Desa Karanggedang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pengambilan informan menggunakan maximum variation sampling dengan mempertimbangkan kategori informan. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan triangulasi serta model interaktif dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua perilaku pencarian pengobatan yang dilakukan oleh orang tua dalam mencari pengobatan untuk anaknya apabila mengalami masalah kesehatan. Orang tua terlebih dahulu akan melakukan pengobatan sendiri baik dengan mengunakan obat tradisional maupun obat-obatan yang dibeli dari warung atau apotik ketika sakit yang diderita oleh anak dirasa sakit ringan dengan berdasarkan diagnosa pribadi. Namun apabila sakit yang diderita tergolong sakit berat atau sakitnya masih belum sembuh setelah diobati sendiri, baru akan dibawa ke Puskesmas atau Bidan untuk mendapat pengobatan lebih lanjut. Kemudian orang tua melakukan pencarian pengobatan langsung kepada petugas medis baik Bidan maupun Puskesmas ketika anak mereka mengalami masalah kesehatan baik sakit ringan maupun berat. Hal ini dilakukan karena persepsi dari orang tua yang mengangap bahwa petugas medis yang telah mendapat pendidikan secara formal lebih memiliki kompetensi dalam mengobati sebuah penyakit. Kata Kunci : Perilaku Pencarian Pengobatan, Orang Tua, Balita, Resources, Thought And Feeling, Culture, Personal References.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 05 May 2017 10:26
    Last Modified: 05 May 2017 10:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33731

    Actions (login required)

    View Item